Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Komandan Senior Lapangan Dibunuh Israel, Hizbullah Luncurkan 40 Rudal dari Lebanon ke Galilea

Serangan roket bergelombang dari Hizbullah ini terjadi seusai Komandan lapangan tertinggi Hizbullah, Hussein Makki, dikabarkan tewas oleh serangan IDF

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Komandan Senior Lapangan Dibunuh Israel, Hizbullah Luncurkan 40 Rudal dari Lebanon ke Galilea
khaberni/HO
Asap mengepul dari serangan Israel di kota perbatasan Lebanon. Konfrontasi gerakan Hizbullah dan tentara IDF makin sengit seiring berlanjutnya invasi Israel di Jalur Gaza. 

Komandan Lapangan Dibunuh Israel, Hizbullah Luncurkan 40 Rudal dari Lebanon ke Galilea

TRIBUNNEWS.COM  - Gerakan perlawanan HIzbullah dilaporkan menembakkan 40 roket dari Lebanon selatan menuju situs-situs Israel di Galilea Atas dan Jari Galilea, Rabu (15/5/2024).

Sumber Khaberni mengindikasikan, dua gelombang rudal juga ditembakkan dari Lebanon selatan menuju lokasi radar Israel di Peternakan Shebaa yang diduduki.

"Sirene terdengar di Kiryat Shmona dan wilayah utara Dataran Hula, Sasa, dan Gunung Meron di Galilea Atas" tulis laporan tersebut.

Baca juga: Hizbullah Gelar 7 Operasi Militer ke Israel: Gunakan Berbagai Senjata, Upaya Cegah Genosida di Rafah

Serangan Balasan atas Tewasnya Komandan Lapangan

Serangan roket bergelombang dari Hizbullah ini terjadi seusai Komandan lapangan tertinggi Hizbullah, Hussein Makki, dikabarkan tewas dalam serangan drone IDF di Lebanon selatan pada Selasa (14/5/2024) malam waktu setempat.

Militer Israel mengatakan Hussein Makki selama ini merencanakan dan melakukan banyak serangan teror di tengah perang sebagai bagian dari perannya dalam unit kelompok 'Front Selatan'

Hussein Ibrahim Makki, menurut Pasukan Pertahanan Israel (IDF), adalah seorang komandan senior di unit Front Selatan Hizbullah.

Hussein Ibrahim Makki, menurut Pasukan Pertahanan Israel (IDF), adalah seorang komandan senior di unit Front Selatan Hizbullah.
Hussein Ibrahim Makki, menurut Pasukan Pertahanan Israel (IDF), adalah seorang komandan senior di unit Front Selatan Hizbullah. (times of israel)

Dia sebelumnya memimpin divisi pesisir Hizbullah.

BERITA TERKAIT

"Makki menjadi sasaran saat berkendara di dekat Tyre," menurut IDF dan media Lebanon.

Petugas tanggap darurat mengatakan dua orang lainnya terluka dalam serangan itu.

Hizbullah mengumumkan kematian Makki dengan mengatakan bahwa dia dibunuh “di jalan menuju Yerusalem,” istilah yang digunakan untuk menyebut agen yang terbunuh dalam serangan Israel.

Hizbullah tidak menyebut Makki sebagai komandan atau menyebutkan perannya.

IDF mengatakan Makki merencanakan dan melakukan banyak serangan teror terhadap wilayah Israel di tengah perang.

Militer Israel mengatakan lebih dari 30 komandan Hizbullah tewas dalam serangannya di Lebanon selatan di tengah perang dalam tujuh bulan terakhir.

Serangan itu terjadi beberapa jam setelah seorang warga sipil Israel tewas dan lima tentara terluka dalam serangan rudal anti-tank Hizbullah terhadap posisi militer di dekat komunitas utara Adamit.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas