Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Houthi Kembali Tembak Jatuh MQ-9 AS di Al Bayda Yaman, Total Sudah 5 Drone Senilai Rp 2,5 Triliun

Houthi menjatuhkan setidaknya dua drone MQ-9 Reaper AS dalam lima hari terakhir di wilayah udara Yaman. Total sudah lima drone MQ-9 Reaper AS hancur

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Houthi Kembali Tembak Jatuh MQ-9 AS di Al Bayda Yaman, Total Sudah 5 Drone Senilai Rp 2,5 Triliun
khaberni/HO
Drone MQ-9 Reaper AS saat terbang di udara. Drone dengan kemampuan pengintaian dan penyerangan ini diklaim kelompok Houthi Yaman sudah lima yang mereka tembak jatuh sejak operasi blokade Laut Merah dilaksanakan. 

Houthi Kembali Tembak Jatuh MQ-9 AS di Al Bayda Yaman, Total Sudah 5 Drone Senilai Rp 2,5 Triliun

TRIBUNNEWS.COM - Juru bicara Angkatan Bersenjata Yaman (YAF) yang terafiliasi secara militer ke kelompok Ansarallah (Houthi), Yahya Saree, mengatakan pihaknya kembali menembak jatuh sebuah drone MQ-9 Reaper milik Amerika Serikat (AS).

Kali ini, drone canggih super-mahal itu ditembak jatuh di wilayah udara Kegubernuran Al Bayda.

Saree dalam pernyataannya pada Selasa (21/5/2024), mengatakan kalau sejauh ini mereka telah berhasil menembak jatuh 5 drone AS jenis ini.

Baca juga: Hizbullah Sumpal Mulut Besar IDF, Ini Kemampuan Super Canggih Sky Dew Israel Buat Tangkal Rudal Iran

Sebagai catatan, satu drone MQ-9 Reaper saat ini berbanderol harga sekitar US$32 Juta (Rp 499,44 Miliar).

Artinya, Houthi mengklaim sudah menghancurkan aset AS setara total Rp 2,5 Triliun untuk jenis drone ini saja sejak Blokade Laut Merah mereka tetapkan per Oktober 2023 silam. 

Yahya Saree menambahkan, Houthi  akan melanjutkan operasi mereka sampai pengepungan Israel terhadap rakyat Palestina dicabut dan agresi terhadap Gaza berhenti sepenuhnya.

Baca juga: Houthi Makin Galak, Rudal Lokal Buatan Yaman Tembak Jatuh Drone Canggih MQ-9 AS di Atas Marib

Rudal Buatan Lokal Yaman

BERITA REKOMENDASI

Sebelumnya, YAF menyatakan pada Kamis (16/5/2024) pekan lalu, kalau pertahanan udara mereka menembak jatuh drone MQ-9 milik Amerika Serikat di wilayah udara Kegubernuran Marib, Yaman,

Saat itu Yahya Saree, mengatakan pesawat tak berawak itu menjadi sasaran rudal permukaan-ke-udara buatan lokal ketika sedang melakukan 'aktivitas permusuhan'.

Baca juga: Hizbullah Sumpal Mulut Besar IDF, Ini Kemampuan Super Canggih Sky Dew Israel Buat Tangkal Rudal Iran

Brigadir Jenderal Yahya Saree menambahkan kalau rekaman penembakan akan dirilis kemudian.

Menurut Saree, ini adalah pesawat keempat yang ditembak jatuh oleh pertahanan udara Yaman sejak dimulainya operasi untuk mendukung Gaza.

Serangan terbaru mengindikasikan, kalau Houthi menjatuhkan setidaknya dua drone MQ-9 Reaper AS dalam lima hari terakhir di wilayah udara Yaman.

Juru bicara tersebut menegaskan kewaspadaan dan kesiapan penuh Angkatan Bersenjata Yaman di semua tingkatan, dan bersumpah bahwa semua upaya musuh pasti akan gagal.

Pengguna media sosial telah menyebarkan video drone MQ-9 yang dilaporkan ditembak jatuh di Marib oleh Angkatan Bersenjata Yaman.

Baca juga: 3 Hal di Balik Remuknya Israel di Jabalia: IDF Salahkan Politisi, Qassam Kini Kuasai Jurus Hizbullah

Kapal perusak berpeluru kendali USS Mason berlayar bersama kapal perusak Jepang Akebono di Teluk Aden, 25 November 2023. USS Mason dikerahkan ke wilayah operasi Armada ke-5 AS untuk mendukung keamanan dan stabilitas maritim di Timur Tengah.
Kapal perusak berpeluru kendali USS Mason berlayar bersama kapal perusak Jepang Akebono di Teluk Aden, 25 November 2023. USS Mason dikerahkan ke wilayah operasi Armada ke-5 AS untuk mendukung keamanan dan stabilitas maritim di Timur Tengah. (US Department of Defense)

Serang Kapal Destroyer USS Mason

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas