Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pasukan Israel Mundur dari Jenin, Tentara IDF: Perlawanan di Gaza dan Tepi Barat Sama Kerasnya 

Menurut tentara IDF, milisi perlawanan Palestina memberikan pertempuran yang sama sengitnya baik di Gaza maupun di Tepi Barat

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Pasukan Israel Mundur dari Jenin, Tentara IDF: Perlawanan di Gaza dan Tepi Barat Sama Kerasnya 
khaberni/HO
Pasukan Khusus Israel (IDF) melakukan penyerbuan ke kota-kota di Tepi Barat. Pada Kami (23/5/2024), Pasukan IDF mundur dari Kota Jenin setelah terlibat pertempuran perlawanan sengit milisi perlawanan Palestina. 

Pasukan Israel Mundur dari Jenin, Tentara IDF: Perlawanan Gaza dan Tepi Barat Sama Kerasnya 

TRIBUNNEWS.COM - Pasukan Pendudukan Israel (IDF) dilaporkan mundur dari kota dan kamp Janin, Tepi Barat setelah terlibat pertempuran sengit melawan milisi perlawanan Palestina.

Pertempuran ini menjadi bagian dari aksi penyerbuan IDF ke sejumlah kota di Tepi Barat sejak Selasa (21/5/2024) pekan ini.

Baca juga: Tentara Israel Serbu 8 Kota Tepi Barat, Obrak-abrik Money Changer, IDF Dipukul Mundur di Nablus

Dalam penyerbuan selama dua hari tersebut, IDF menewaskan 12 warga Palestina, termasuk korban terbaru, seorang pemuda Palestina bernama Mustapha Jabareen.

Pria berusia 30 tahun itu meninggal karena luka yang dideritanya setelah ditembak oleh pasukan pendudukan Israel

Mundurnya pasukan IDF dari Jenin terjadi setelah konfrontasi pecah antara petempur milisi Perlawanan Palestina dan pasukan pendudukan Israel yang menyerang di kawasan bundaran bioskop dan di sekitar Jalan al-Nasira di kota Jenin.

"Pasukan pendudukan Israel (akhirnya) mundur dari kota dan kamp Jenin," tulis laporan media lokal.

Baca juga: Tepi Barat Berkobar, Israel Kerahkan 1.000 Tentara ke Jenin, Brigade Al-Quds Melawan Sengit

BERITA TERKAIT

Hari ini, warga Palestina di Kota Jenin memulai pemogokan penuh sebagai bentuk duka atas para korban, yang mereka anggap sebagai kekuatan nasional di kota tersebut.

Baca juga: Serangan Langka Israel Tewaskan Komandan Brigade Jenin, Warga Kota Mogok Massal di Tepi Barat

Pasukan Israel di Jenin Tepi Barat
Pasukan Khusus Israel (IDF) melakukan penyerbuan ke kota-kota di Tepi Barat. Pada Kami (23/5/2024), Pasukan IDF mundur dari Kota Jenin setelah terlibat pertempuran perlawanan sengit milisi perlawanan Palestina.

IDF: Perlawanan di Gaza dan Tepi Barat Sama Kerasnya

Surat kabar Israel, Yedioth Ahronoth mengutip perkataan tentara Israel tentang perlawanan milisi Palestina yang terjadi saat penyerbuan mereka di kota-kota di Tepi Barat.

Menurut tentara IDF, milisi perlawanan Palestina memberikan pertempuran yang sama sengitnya baik di Gaza maupun di Tepi Barat

“Kami tidak menemukan perbedaan besar antara apa yang kami hadapi di Gaza dan apa yang kami hadapi sekarang di Jenin,” kata tentara IDF dilansir media tersebut.

"Di Jenin, kami bentrok dengan orang-orang bersenjata yang mencoba menargetkan kami dengan peluru dan alat peledak,” tambah tentara IDF.

IDF juga menyatakan, kekuatan milisi perlawanan terus tumbuh, memaksa mereka untuk terus melakukan operasi militer ke wilayah-wilayah sama secara berulang.

Pasukan Israel memang cenderung melakukan kesalahan strategi perang secara berulang dengan meninggalkan wilayah yang mereka kuasai begitu saja setelah menggempurnya dengan kekuatan besar.

Baca juga: Jenderal Top Pentagon Ungkap Kebodohan Berulang Strategi Militer Israel di Gaza: Hamas Itu Ideologi

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas