Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Sikap Standar Ganda, Olimpiade Paris Dapat Sorotan karena Sikap Berbeda Terhadap Rusia dan Israel

Dipandang standar Ganda, Olimpiade Paris mendapat sorotan karena sikap berbeda terhadap Rusia dan Israel.

Penulis: Muhammad Barir
zoom-in Sikap Standar Ganda, Olimpiade Paris Dapat Sorotan karena Sikap Berbeda Terhadap Rusia dan Israel
Tangkap Layar Twitter/X
Olimpiade Paris 2024. Dipandang standar Ganda, Olimpiade Paris mendapat sorotan karena sikap berbeda terhadap Rusia dan Israel. Dorongan Komite Olimpiade Internasional untuk tidak memberikan sanksi kepada Israel menampilkan moralitas standar ganda mereka. 

Sikap Standar Ganda, Olimpiade Paris Dapat Sorotan karena Sikap Berbeda Terhadap Rusia dan Israel

TRIBUNNEWS.COM- Dipandang standar Ganda, Olimpiade Paris mendapat sorotan karena sikap berbeda terhadap Rusia dan Israel.

Dorongan Komite Olimpiade Internasional untuk tidak memberikan sanksi kepada Israel menampilkan moralitas standar ganda mereka,' kata akademisi dan peneliti Olimpiade Jules Boykoff




Jelas terlihat bahwa 'standar ganda tampaknya sedang terjadi,' kata Boykoff kepada Anadolu Ajansi.

'Ada sanksi terhadap atlet Rusia dan negara Rusia dengan cara yang belum pernah dilihat oleh Israel,' kata Peter Alegi, profesor di Michigan State University.

Ketika Rusia melancarkan “operasi militer khusus” di Ukraina, Komite Olimpiade Internasional (IOC) membutuhkan waktu empat hari untuk merekomendasikan larangan bagi atlet asal Rusia.

Langkah IOC ini sama cepatnya dengan kecaman keras dunia Barat terhadap Rusia, dan juga menargetkan sekutu utama Moskow, Belarus, dengan menasihati badan olahraga internasional dan penyelenggara acara olahraga untuk tidak “mengundang atau mengizinkan partisipasi atlet dan ofisial Rusia dan Belarusia dalam kompetisi internasional.”

BERITA TERKAIT

Keputusan tersebut diambil dengan “berat hati” dan bertujuan untuk melindungi “integritas kompetisi olahraga global dan keselamatan semua peserta,” kata Dewan Eksekutif IOC dalam pernyataannya pada 28 Februari 2022.

Pernyataan IOC menegaskan bahwa “Gerakan Olimpiade bersatu dalam misinya untuk berkontribusi terhadap perdamaian melalui olahraga” dan “berkomitmen untuk mengadakan kompetisi yang adil untuk semua orang tanpa diskriminasi apa pun.”

Hal ini merupakan langkah pertama dari sanksi IOC terhadap atlet Rusia dan Belarusia, yang sejak itu melarang mereka berkompetisi di Olimpiade di bawah bendera negara masing-masing, dan malah menetapkan mereka sebagai kontestan netral dan independen – pertama pada Olimpiade Musim Dingin 2022 dan sekarang pada Olimpiade Musim Dingin 2022. Pertandingan Musim Panas dimulai di Paris bulan Juli ini.

Mengingat kuatnya rasa keadilan dan perdamaian yang diakui IOC dalam pernyataannya mengenai Rusia dan Belarus, banyak orang di seluruh dunia kini bertanya-tanya apa yang akan mereka lakukan terhadap Israel, yang telah menewaskan hampir 36.000 warga Palestina saat mereka mengobarkan perang mematikan di Gaza.

Jawaban panitia, setidaknya sejauh ini, sudah jelas: tidak ada.

Bagi sejarawan dan pakar olahraga seperti Jules Boykoff, kontradiksi ini sulit untuk diabaikan dan terbukti bahwa “standar ganda tampaknya sedang terjadi.”

“Sejarah tidak menghadirkan momen kembar identik, namun situasinya semakin mirip dengan situasi yang menyebabkan IOC memaksa Rusia untuk berpartisipasi sebagai atlet netral,” kata Boykoff, seorang penulis dan akademisi Amerika yang bidang penelitiannya mencakup Olimpiade.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas