Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Hizbullah Bakar Kiryat Shmona, Jurnalis Inggris: Balasan atas Kekejaman Israel kepada Anak-anak gaza

Richard Medhurst, mengatakan, yang terjadi di Israel utara saat ini adalah pembalasan Hizbullah atas kekejaman Israel terhadap anak-anak Gaza.

Penulis: Malvyandie Haryadi
zoom-in Hizbullah Bakar Kiryat Shmona, Jurnalis Inggris: Balasan atas Kekejaman Israel kepada Anak-anak gaza
Ist
Serangan Hizbullah dalam beberapa hari terakhir membakar sebagian wilayah di Israel Utara. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Serangan yang besar-besaran yang diluncurkan kelompok pejuang Hizbullah, Lebanon, dalam beberapa terakhir, mengakibatkan kebakaran besar di permukiman Kiryat Shmona.

Kiryat Shmona adalah pemukiman paling menonjol di perbatasan antara pendudukan Israel dan Lebanon selatan.

Banyaknya rudal dan roket didukung cuaca serta suhu tinggi juga berkontribusi terhadap kerusakan dan penyebaran api yang menjalar secara cepat di daerah tersebut.

Selain Kiryat Shmona, serangan rudal Hizbullah, menurut laporan Al Mayadeen, juga membuat luas lahan di Israel yang terbakar mencapai 1.000 hektar.

Daerah yang dilanda kebakaran meliputi Dataran Tinggi Golan yang dikuasai Israel serta kota-kota di sekitarnya.

Foto-foto yang beredar menunjukkan betapa api melalap pohon maupun bangunan yang disekitarnya dengan cepat.

Militer Israel (IDF) melaporkan puluhan orang, termasuk tentara dirawat di rumah sakit akibat kebakaran itu. Tujuh korban di antaranya merupakan tentara.

BERITA TERKAIT

Jurnalis independen Inggris, Richard Medhurst, mengatakan, yang terjadi di Israel utara saat ini adalah pembalasan Hizbullah atas kekejaman Israel terhadap anak-anak Gaza.

"Ini untuk anak laki-laki (di Gaza) yang ayahnya dibakar hidup-hidup di depan matanya. Serangan Hizbulllah ini juga untuk petugas medis Lebanon yang dibunuh Israel pada tanggal 27 Maret, dan ini untuk semua (bom) fosfor putih dan drone yang dijatuhkan Israel di Lebanon," tulis Richard di akun media sosialnya.

Sementara hingga Selasa malam waktu setempat, petugas pemadam kebakaran Israel masih berjibaku memadamkan api di seluruh Israel utara.

Layanan Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Israel mengatakan, lebih dari 30 petugas pemadam kebakaran sedang bekerja untuk memadamkan api, yang menyebabkan penutupan beberapa jalan utama di wilayah Galilea.

Di Kiryat Shmona, petugas pemadam kebakaran menyebar ke seluruh kota yang sebagian besar dievakuasi untuk mengendalikan api dan melindungi mereka agar tidak mencapai rumah.

Dinas pemadam kebakaran sebelumnya mengatakan beberapa meter, pergola dan atap setidaknya satu rumah terbakar.

Di Kibbutz Kfar Giladi, sebelah utara kota, rekaman video yang dibagikan di media sosial menunjukkan tim keamanan lokal berusaha memadamkan api yang merambah masyarakat.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas