Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Klaim Seorang Pejabat Israel, Resolusi Dewan Keamanan PBB Mengizinkan Perang di Gaza Berlanjut

Seorang pejabat pemerintah Israel kemarin mengklaim bahwa resolusi terbaru Dewan Keamanan PBB mengenai situasi di Gaza.

Penulis: Muhammad Barir
zoom-in Klaim Seorang Pejabat Israel, Resolusi Dewan Keamanan PBB Mengizinkan Perang di Gaza Berlanjut
AFP/ANGELA WEISS
Anggota Dewan Keamanan PBB memberikan suara dalam pertemuan tentang situasi Timur Tengah di markas besar PBB pada 10 Juni 2024 di New York. - Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa pada hari Senin mengadopsi resolusi yang dirancang AS untuk mendukung rencana gencatan senjata di Gaza, ketika Washington memimpin kampanye diplomatik yang intens untuk mendorong Hamas agar menerima proposal tersebut. Naskah tersebut ? yang disahkan dengan 14 suara mendukung dan Rusia abstain ? menyambut baik usulan gencatan senjata dan pembebasan sandera yang diumumkan pada 31 Mei oleh Presiden Joe Biden, dan mendesak semua pihak untuk sepenuhnya melaksanakan ketentuan-ketentuannya tanpa penundaan dan tanpa syarat. (Photo by ANGELA WEISS / AFP) 

Resolusi Dewan Keamanan PBB Mengizinkan Perang di Gaza Berlanjut, Klaim Seorang Pejabat Israel

TRIBUNNEWS.COM- Pejabat Israel mengklaim, Resolusi DK PBB mengizinkan perang di Gaza berlanjut.

Seorang pejabat pemerintah Israel kemarin mengklaim bahwa resolusi terbaru Dewan Keamanan PBB mengenai situasi di Gaza memungkinkan Israel mencapai semua tujuannya sebelum mengakhiri perang.

Pejabat tersebut, yang berbicara tanpa mau disebutkan namanya, menambahkan:

“Israel tidak akan mengakhiri perang sebelum mencapai semua tujuannya, yaitu menghancurkan kemampuan militer Hamas [dan mengakhiri] kekuasaannya, membebaskan semua sandera, dan memastikan bahwa Gaza tidak melakukan serangan ancaman bagi Israel di masa depan.”

“Usulan tersebut memungkinkan Israel untuk mencapai tujuan-tujuan ini, dan Israel memang akan melakukannya,” tambahnya, seraya mengklaim “garis besar [resolusi Dewan Keamanan] yang diajukan memungkinkan hal ini.”

Pernyataan itu bertepatan dengan kepergian Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken dari Israel setelah pertemuan dengan para pejabat senior di sana, termasuk Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, sebagai bagian dari tur Timur Tengah yang juga mencakup Yordania, Mesir, dan Qatar, yang kedelapan sejak pecahnya perang Genosida di Gaza.

BERITA TERKAIT

Pada Senin malam, Dewan Keamanan menyetujui dengan 14 suara mendukung – dan Federasi Rusia abstain – sebuah resolusi yang mengusulkan perjanjian gencatan senjata tiga fase yang komprehensif untuk mengakhiri perang di Gaza, dan mendesak Israel dan Hamas untuk melaksanakannya sepenuhnya dan tanpa penundaan.

Namun para analis telah memperingatkan, bahwa rincian perjanjian gencatan senjata belum dipublikasikan sehingga bersifat ambigu dan rentan terhadap manipulasi.

Sementara klausul yang menentang “zona penyangga keamanan” Israel di Gaza telah dihapus.

(Sumber: Middle East Monitor)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas