Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

IDF Perluas Agresi di Kota Gaza, Ashkelon Malah Kena Serang, Prajurit Israel Luka Parah di Al-Sabra

Tentara Israel dari Brigade Alexandria terluka parah ketika bom rakitan alias improvised explosive device (IED) meledak saat pertempuran di Al-Sabra

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in IDF Perluas Agresi di Kota Gaza, Ashkelon Malah Kena Serang, Prajurit Israel Luka Parah di Al-Sabra
khaberni
Pasukan pendudukan Israel (IDF) mengevakuasi rekan mereka yang terluka dalam pertempuran di Jalur Gaza. Seiring pengumuman IDF yang menyatakan perluasan agresi di Kota Gaza, faksi milisi perlawanan Palestina yang dimotori Brigade Al Qassam (sayap militer Hamas) dan Brigade Al-Quds (sayap militer PIJ) melakukan perlawanan yang menimbulkan korban jiwa di pihak tentara pendudukan, Rabu (10/7/2024). 

IDF Perluas Agresi di Kota Gaza, Ashkelon Malah Kena Serang, Prajurit Israel Luka Parah di Al-Sabra

TRIBUNNEWS.COM - Pertempuran di berbagai front di Kota Gaza dilaporkan semakin sengit seiring pengumuman perluasan operasi militer Tentara Pendudukan Israel (IDF) di pusat wilayah kantung Palestina, Rabu (10/7/2024).

Menurut Al Jazeera, tentara pendudukan memperluas operasi militernya di lingkungan Al-Rimal, barat daya Kota Gaza.

Baca juga: Sumpah Yahya Sinwar ke Para Rekan Sepenjaranya di LP Ashkelon Israel Saat Dibebaskan 13 Tahun Silam

Hal itu memicu bentrokan sengit terjadi antara milisi perlawanan Palestina dan pasukan pendudukan IDF yang menembus barat daya Kota Gaza.

"Saat pertempuran berlangsung sengit, helikopter Zionis mendarat di daerah tersebut untuk mengevakuasi anggota pasukan pendudukan yang terluka," tulis laporan Khaberni dikutip Kamis (11/7/2024).

Baca juga: Tentara Israel Mandi Peluru di Tal Al-Hawa, Perwira Komando Operasi Khusus Unit Maglan IDF Tewas

Tentara Israel menuju ke selatan dekat Ashkelon, Israel, pada Sabtu, 7 Oktober 2023. Hamas mengklaim menangkap banyak tentara Israel pada serangan terkoordinasi berjuluk Operation Al-Aqsa Flood.
Tentara Israel menuju ke selatan dekat Ashkelon, Israel, pada Sabtu, 7 Oktober 2023. Hamas mengklaim menangkap banyak tentara Israel pada serangan terkoordinasi berjuluk Operation Al-Aqsa Flood. (© AP Photo/Ohad Zwigenberg)

Sirene Kembali Berbunyi di Ashkelon

Milisi perlawanan Palestina tidak hanya melakukan sergapan di mana pasukan pendudukan IDF diterjunkan.

Faksi-faksi milisi Palestina dilaporkan juga menyerang sejumlah pemukiman Yahudi Israel yang terletak di sekitar Jalur Gaza.

BERITA TERKAIT

Laporan Radio Tentara Israel mengatakan sirene peringatan kembali berbunyi, Kamis sore, di utara Ashkelon, di utara Jalur Gaza merujuk pada indikasi serangan roket ke wilayah pemukiman Israel.

Berbunyinya sirene itu dilaporkan menjadi yang pertama kali sejak Februari. Saat bulan itu, sirene dibunyikan di Moshav Nir dekat Ashkelon.

Pada pertengahan Februari silam, Petempur Perlawanan Palestina dilaporkan mengintensifkan serangan peluncuran roket dan penargetan tidak langsung terhadap pasukan pendudukan Israel dan permukiman di wilayah Gaza.

Laporan itu menyusul serangan gencar Israel di beberapa sektor Jalur Gaza, Perlawanan Palestina terus mengoperasikan Pasukan Roketnya di Jalur Gaza, membongkar klaim kemenangan Israel di Jalur Gaza utara.

Brigade Abu Ali Mustapha dari Front Populer untuk Pembebasan Palestina (PFLP) mengumumkan bahwa Pasukan Roketnya meluncurkan salvo roket dari Jalur Gaza tengah menuju kelompok militer Israel di sebelah timur Deir al-Balah.

Adapun Brigade Al-Quds, sayap militer Jihad Islam Palestina (PIJ), mengumumkan pemboman “Ashkelon, Sderot, dan permukiman di sekitar Jalur Gaza.

Saat itu, Faksi Perlawanan itu meluncurkan serangan roket besar-besaran ke arah pendudukan Ashkelon dan kota pemukiman Israel "Sderot", serta pemukiman lain di wilayah kantung Gaza.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas