Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Alasan Israel Luncurkan Bom ke Khan Yunis: Muhammad Deif Keluar Terowongan Usai Diundang Rafi Salama

Alasan Israel mengebom Khan Yunis, militer Israel sebut Muhammad Deif keluar terowongan gara-gara diundang Rafi Salama untuk pertemuan.

Penulis: Yunita Rahmayanti
Editor: Bobby Wiratama
zoom-in Alasan Israel Luncurkan Bom ke Khan Yunis: Muhammad Deif Keluar Terowongan Usai Diundang Rafi Salama
Tentara Israel / AFP
Gambar selebaran yang dirilis oleh tentara Israel pada 21 Januari 2024 menunjukkan sebuah terowongan bawah tanah, yang menurut pasukan Israel mereka temukan selama serangan di Khan Yunis di Jalur Gaza selatan, di tengah berlanjutnya pertempuran antara Israel dan kelompok militan Palestina Hamas. 

TRIBUNNEWS.COM - Surat kabar Maariv menerbitkan laporan yang mengungkapkan alasan militer Israel melakukan pemboman di Al-Mawasi, Khan Yunis pada Sabtu (13/7/2024).

Militer Israel optimis pemboman yang menewaskan 90 warga Palestina itu telah berhasil membunuh komandan Brigade Al-Qassam, Muhammad Deif, dan komandan batalyon Khan Yunis, Rafi Salama.

Maariv berupaya membenarkan pemboman itu dengan alasan Israel memperoleh informasi intelijen dari Shin Bet mengenai keberadaan Muhammad Deif di Al-Mawasi pada hari itu.




"Muhammad Al-Deif meninggalkan terowongan atas undangan Rafi Salama dan datang menemuinya di Al-Mawasi Khan Yunis, dekat zona kemanusiaan," lapor Maariv, mencari pembenaran atas pemboman di kawasan tenda pengungsi di Al-Mawasi.

Maariv mengatakan militer Israel memperkirakan kemajuan dalam perundingan gencatan senjata telah membuat Muhammad Deif dan Rafi Salama merasa mempunyai waktu yang aman untuk bertemu di atas tanah dengan dasar Israel akan menahan diri dari tindakan ofensif apa pun, meski selama perundingan itu Israel tetap melakukan serangan di Jalur Gaza.

Maariv menegaskan, informasi intelijen yang diperoleh militer Israel berkualitas tinggi dan berasal dari beberapa sumber, tanpa menjelaskan lebih lanjut.

"Tentara Israel mengatakan setelah menerima informasi tersebut, mereka mengerahkan drone Angkatan Udara yang memantau apa yang terjadi di kompleks tersebut sebelum, selama dan setelah serangan tersebut," lapor Maariv, Senin (15/7/2024).

BERITA TERKAIT

Militer Israel mengklaim pantauan dari drone itu tidak menunjukkan adanya para pengungsi di kawasan tersebut.

"Senjata yang ditempatkan di kompleks itu berat... dan ada banyak bahan peledak," lanjutnya, mengutip keterangan tentara Israel.

"Jika dia benar-benar ada di sana, Muhammad Al-Deif tidak akan punya kesempatan untuk keluar," tambahnya.

Tentara dan Shin Bet menolak menjawab pertanyaan berapa lama Muhammad Deif menghabiskan waktu di kompleks tersebut sebelum Israel melakukan serangan udara.

Baca juga: Balas Pembantaian di Khan Yunis, Houthi Ngebom Kapal Israel di Teluk Aden

Israel kembali beralasan bahwa informasi intelijennya kuat dan yakin Muhammad Deif sudah berada di sana, tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Sementara itu, Hamas membantah klaim Israel tersebut yang disebut sebagai klaim kosong dan kebohongan.

"Komandan Muhammad Al-Deif mendengar Anda sekarang, dan mengejek kata-kata yang kamu (Israel) ucapkan, 'Saya katakan kepada Netanyahu, 'Anda telah gagal dan Anda menjadi tercela,'" kata Wakil Ketua Hamas di Jalur Gaza, Khalil Al-Hayya mengutip perkataan Muhammad Deif, dikutip dari Al Jazeera, Minggu (14/7/2024).

Jumlah Korban

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas