Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Update Penembakan Donald Trump: Bahan Bom Ditemukan, Pelaku Anggota Klub Olahraga Tembak

Berikut update terkait peristiwa penembakan Donald Trump saat kampanye di Pennsylvania pada Sabtu (13/7/2024) lalu.

Penulis: Yohanes Liestyo Poerwoto
Editor: Garudea Prabawati
zoom-in Update Penembakan Donald Trump: Bahan Bom Ditemukan, Pelaku Anggota Klub Olahraga Tembak
Tangkap layar dari BBC
Tampang Thomas Matthew Crooks (20), pelaku penembakan saat kampanye mantan Presiden AS, Donald Trump yang terjadi di Pennsylvania pada Sabtu (13/7/2024). Pasca melakukan aksinya, Crooks tewas setelah Secret Service menembak dirinya. 

TRIBUNNEWS.COM - Fakta terbaru terungkap terkait peristiwa penembakan terhadap mantan Presiden AS, Donald Trump yang terjadi saat dirinya berkampanye di Pennsylvania pada Sabtu (13/7/2024) waktu setempat.

Seperti diketahui, akibat penembakan tersebut, Trump mengalami luka di bagian telinga kanan.

Berdasarkan laporan terbaru dari pihak berwenang, bahan untuk pembuatan bom ditemukan di mobil pelaku.




Selain itu, bahan serupa turut ditemukan di kediaman pelaku di Bethel Park, Pennsylvania.

Oleh FBI, bahan untuk membuat bom itu dikategorikan sebagai 'belum sempurna'.

Menurut seorang sumber kepada CBS News, bahan bom itu tengah diteliti di laboratorium di markas FB di Quantico, Virginia.

Pelaku Anggota Klub Olahraga Tembak, Bukan Anggota Militer

Kandidat Partai Republik Donald Trump terlihat dengan darah di wajahnya dikelilingi oleh agen dinas rahasia saat ia turun dari panggung pada acara kampanye di Butler Farm Show Inc. di Butler, Pennsylvania, 13 Juli 2024. - Kandidat Partai Republik Donald Trump dievakuasi dari panggung pada rapat umum hari ini setelah terdengar seperti suara tembakan di acara di Pennsylvania, menurut AFP. Mantan presiden AS itu terlihat dengan darah di telinga kanannya ketika dia dikelilingi oleh agen keamanan, yang mendorongnya turun dari panggung saat dia melakukan pukulan pertamanya ke arah kerumunan.
Trump dimasukkan ke dalam SUV dan dibawa pergi. (Rebecca DROKE / AFP)
Kandidat Partai Republik Donald Trump terlihat dengan darah di wajahnya dikelilingi oleh agen dinas rahasia saat ia turun dari panggung pada acara kampanye di Butler Farm Show Inc. di Butler, Pennsylvania, 13 Juli 2024. - Kandidat Partai Republik Donald Trump dievakuasi dari panggung pada rapat umum hari ini setelah terdengar seperti suara tembakan di acara di Pennsylvania, menurut AFP. Mantan presiden AS itu terlihat dengan darah di telinga kanannya ketika dia dikelilingi oleh agen keamanan, yang mendorongnya turun dari panggung saat dia melakukan pukulan pertamanya ke arah kerumunan. Trump dimasukkan ke dalam SUV dan dibawa pergi. (Rebecca DROKE / AFP) (AFP/REBECCA DROKE)
BERITA TERKAIT

Selain itu, pelaku yang bernama Thomas Matthew Crooks (20) diketahui adalah anggota klub menembak bernama Clairton Sportsmen's Club di Jefferson Hills, Pennsylvania.

Baca juga: Korban Tewas dalam Insiden Penembakan Trump, Bendera AS Dikibarkan Setengah Tiang

Dikutip dari BBC, klub menembak tersebut berlokasi sekitar 80 kilometer dari lokasi percobaan pembunuhan terhadap Trump.

Adapun informasi tersebut dikonfirmasi langsung oleh presiden dari klub menembak tersebut, Bill Sellitto.

"Kami dapat mengonfirmasi bahwa Crooks adalah anggota Clairton Sportsmen's Club," katanya.

Namun, Sellito enggan untuk mengomentari lebih jauh terkait insiden penembakan terhadap Trump saat kampanye di Pennsylvania.

"Di luar itu, klub tidak dapat memberikan komentar tambahan sehubungan dengan masalah ini dan terkait dengan investigasi penegak hukum yang sedang berlangsung," ujarnya.

Sellito, mewakili klubnya, mengecam tindakan yang dilakukan Crooks tersebut dan menyampaikan duka cita mendalam bagi para korban.

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas