Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Duel Jet Tempur F-15 Vs MiG-21 India: Kekalahan Memalukan AU Amerika oleh Pesawat Tua Buatan Rusia

Pilot Angkatan Udara AS yang datang untuk Cope India edisi pertama pada tahun 2004 pernah mendapat pelajaran berharga dari MiG-21.

Penulis: Malvyandie Haryadi
zoom-in Duel Jet Tempur F-15 Vs MiG-21 India: Kekalahan Memalukan AU Amerika oleh Pesawat Tua Buatan Rusia
Kolase Tribunnews
Duel pesawat tempur MiG-21 India vs F-15 Amerika Serikat. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pada tahun 2019, MiG-21 Angkatan Udara India terlibat pertempuran udara dengan F-16 Pakistan dan mengklaim telah menjatuhkan ‘Fighting Falcon’.

Klaim India ini mungkin bagi sebagian orang terkesan tak masuk akal.

Dua pesawat tempur berbeda generasi, plus teknologi yang dibawa keduanya, baik avionik, radar, maupun rudal.




Namun perlu diketahui, jet tempur MiG-21, meskipun sudah tua, masih memiliki beberapa kehebatan yang membuatnya menjadi legenda.

Pilot Angkatan Udara AS yang datang untuk Cope India edisi pertama pada tahun 2004 pernah mendapat pelajaran berharga.

Di tahun itu, F-15 Eagle Amerika berhadapan dengan Mig-21 antik milik Angkatan Udara India (IAF).

Hasilnya, F-15 Amerika dikalahkan dalam 90 persen pertarungan. Kerusakan yang terjadi begitu parah sehingga USAF memutuskan untuk membeli lebih banyak F-22 ‘Raptor’ untuk armadanya.

BERITA TERKAIT

Military.com yang melaporkan latihan tersebut pada saat itu mengatakan: “Seluruh dunia tahu bahwa jika Anda mengacaukan pilot Angkatan Udara AS, Anda akan kalah. Keras. Kecuali, ada yang lupa mengirim memo itu ke India. Sebab, dalam latihan baru-baru ini, flyboy India yang menggunakan jet berteknologi rendah Rusia dan Prancis mengalahkan pilot F-15C Amerika lebih dari 90 persen.”

Pilot-pilot Amerika banyak memuji pilot-pilot India. Kolonel USAF Greg Neubeck mengakui bahwa pilot India “sangat mahir dalam pesawat [mereka] dan cerdas dalam taktik. Kombinasi itu sulit untuk kami atasi."

Ada berbagai laporan dari pilot USAF. Namun seperti yang dikutip dari EurAsian Times, di mana mereka berbicara dengan Komandan Skuadron 3 ‘Cobra’ IAF yang untuk kali pertama menuturkan kisah "Bison" diadu dengan F-15 AS.

Saat ini, unit tersebut merupakan skuadron operasional terakhir dari ‘Bison’ MiG-21, yang rencananya akan dipensiunkan pada tahun 2025. Jet tempur ini sering disebut sebagai ‘kapal roket’ ringan Soviet.

Komodor Udara (Purnawirawan) Harish Nayani memimpin Skuadron ke-3 IAF ketika terbang dari pangkalan udara Ambala ke Gwalior beberapa hari sebelumnya untuk mempersiapkan permainan perang pertama jet tempur tersebut melawan Angkatan Udara AS.

Berbicara kepada EurAsian Times, Komodor Udara Nayani mengatakan: “Cope India 2004 sangat mendidik dan memberi semangat bagi kami. Kami terkejut dengan hasilnya. Ini adalah pelajaran bahwa mesin lama dapat bertarung dengan baik setelah ditingkatkan.” Bison adalah varian MiG-21 paling canggih milik IAF.

Skuadron tiba di Gwalior untuk memuat paket perangkat lunak PFM (Pesan pra-penerbangan) di suite EW. RWR (Penerima Peringatan Radar) dan Jammer perlindungan diri di udara, yang hanya bisa dibawa oleh Bison, diprogram untuk menampilkan dan melawan tanda radar F-15.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas