Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Keputusan ICJ Mendorong Surat Perintah Penangkapan Terhadap Netanyahu dan Gallant, Kata Media Israel

Keputusan Mahkamah Internasional (ICJ) akan mendorong surat perintah penangkapan terhadap Netanyahu dan Gallant, kata media Israel.

Penulis: Muhammad Barir
zoom-in Keputusan ICJ Mendorong Surat Perintah Penangkapan Terhadap Netanyahu dan Gallant, Kata Media Israel
X/@netanyahu
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu (kanan) ditemani istrinya, Sara Netanyahu (kiri) saat wawancara dengan media sebelum menaiki pesawat menuju Washington pada Senin (22/7/2024). 

Keputusan ICJ Dorong Surat Perintah Penangkapan Terhadap Netanyahu dan Gallant, Kata Media Israel

TRIBUNNEWS.COM- Israel memperkirakan bahwa pendapat penasihat yang dikeluarkan oleh Mahkamah Internasional (ICJ), yang meminta Israel untuk mengakhiri pendudukan ilegalnya di wilayah Palestina, dapat mendorong para hakim Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) di Den Haag untuk mengeluarkan keputusan internasional surat perintah penangkapan untuk Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dan Menteri Pertahanan Yoav Gallant.

Haaretz pada hari Minggu mencatat kekhawatiran di kalangan pejabat di Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Kehakiman Israel bahwa pendapat penasehat ICJ akan “memberikan lebih banyak legitimasi” terhadap kemungkinan keputusan ICC untuk mengeluarkan surat perintah penangkapan yang diminta Jaksa Karim Khan.




Penilaian yang dilakukan terhadap negara pendudukan menunjukkan kemungkinan dampak politik yang diakibatkan oleh opini ICJ, tambah surat kabar tersebut.

ICJ mengeluarkan pendapat penasehatnya pada hari Jumat mengenai konsekuensi hukum yang timbul dari kebijakan dan praktik Israel di wilayah pendudukan Palestina, termasuk Yerusalem.

Laporan tersebut menyimpulkan bahwa “kehadiran Negara Israel yang terus-menerus di Wilayah Pendudukan Palestina adalah melanggar hukum” karena beratnya pelanggaran hukum internasional, termasuk hak rakyat Palestina untuk menentukan nasib sendiri, dan larangan diskriminasi etnis dan apartheid.

Pengajuan permintaan mendadak Khan untuk mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadap para pemimpin Israel atas tuduhan melakukan kejahatan perang di Gaza adalah upaya pertama ICC untuk menangkap pemimpin negara yang didukung Barat tersebut saat masih menjabat.

Netanyahu Menuju ke Washington

BERITA TERKAIT

Israel akan menjadi sekutu terkuat Amerika Serikat di Timur Tengah, terlepas dari siapa yang terpilih sebagai presiden pada bulan November, kata Perdana Menteri Benjamin Netanyahu pada hari Senin sebelum terbang ke Washington, tempat ia akan berpidato di depan Kongres AS, menurut laporan Reuters.

Kunjungan tersebut, yang merupakan kunjungan pertama Netanyahu ke sekutu internasional terpentingnya sejak kembali menjabat perdana menteri untuk masa jabatan keenam pada akhir tahun 2022, dibayangi oleh keputusan Presiden Joe Biden untuk tidak mencalonkan diri kembali.

Netanyahu mengatakan bahwa dia akan berterima kasih kepada Joe Biden atas semua yang telah dia lakukan untuk Israel sepanjang kariernya dan berdiskusi dengannya mengenai isu-isu seperti menjamin pembebasan sandera Israel di Gaza, mengalahkan Gerakan Perlawanan Islam Palestina, Hamas, dan menghadapi Iran dan proksinya di Israel. wilayah.

Pertemuan dengan Biden untuk sementara direncanakan pada hari Selasa jika presiden berusia 81 tahun itu telah pulih dari Covid-19.

Netanyahu dijadwalkan berpidato di depan Kongres pada hari Rabu.

“Saya akan memberitahu teman-teman saya di kedua sisi bahwa terlepas dari siapa yang dipilih rakyat Amerika sebagai presiden berikutnya, Israel tetap menjadi sekutu Amerika yang sangat diperlukan dan kuat di Timur Tengah,” katanya kepada wartawan sebelum berangkat.

“Di masa perang dan ketidakpastian ini, penting bagi musuh-musuh Israel untuk mengetahui bahwa Amerika dan Israel berdiri bersama hari ini, besok, dan selamanya.” Dia menambahkan bahwa dia ingin “menjangkarkan dukungan bipartisan yang sangat penting bagi Israel.”

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas