Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Meski Didukung Iran, Houthi Tegaskan Serangan Drone Tel Aviv Tak Ada Sangkut Pautnya dengan Teheran

Militan Houthi di Yaman yang didukung Iran mengklaim bahwa Teheran tidak ada sangkut pautnya dengan serangan pesawat tak berawak terhadap Tel Aviv.

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Sri Juliati
zoom-in Meski Didukung Iran, Houthi Tegaskan Serangan Drone Tel Aviv Tak Ada Sangkut Pautnya dengan Teheran
Kolase Tribunnews.com
1 Orang Tewas dalam Ledakan di Dekat Kedubes AS di Tel Aviv, Houthi Akui Bertanggung Jawab. Militan Houthi di Yaman yang didukung Iran mengklaim bahwa Teheran tidak ada sangkut pautnya dengan serangan pesawat tak berawak terhadap Ibu Kota Israel, Tel Aviv pada Jumat (19/7/2024). 

TRIBUNNEWS.COM - Militan Houthi di Yaman yang didukung Iran mengklaim bahwa Teheran tidak ada sangkut pautnya dengan serangan pesawat tak berawak terhadap Ibu Kota Israel, Tel Aviv pada Jumat (19/7/2024).

Jumat kemarin, sebuah pesawat nirawak meledak di persimpangan jalan dekat gedung Kedutaan Besar Amerika Serikat di Tel Aviv.

Eskalasi itu menewaskan satu orang dan melukai 10 lainnya, serta menimbulkan kerusakan pada sejumlah bangunan di sekitarnya.

Serangan ini terbukti menjadi salah satu serangan langka yang diluncurkan oleh Houthi dan berhasil mendarat di wilayah Israel.

Beberapa jam setelah serangan itu, Juru bicara Houthi Nasr al-Din Amer dalam sebuah pernyataan mengatakan bahwa "Iran tidak terlibat dalam keputusan untuk menyerang Tel Aviv."

Amer mengaku memberitahu Iran setelah eskalasi itu terjadi.

Komentarnya tampaknya semakin menegaskan bahwa meskipun Houthi didukung dan dipersenjatai oleh Iran, militan yang menguasai Yaman itu beroperasi secara independen dan tidak dikendalikan secara langsung oleh sponsornya.

BERITA TERKAIT

Drone itu menjadi sorotan khusus pasca serangan itu.

Amer mengatakan drone itu “dilengkapi dengan teknologi yang membuatnya sulit dideteksi”.

Israel melaporkan bahwa mereka mendeteksi drone itu sepanjang perjalanannya, tetapi Tel Aviv gagal mencegatnya karena human error.

Meskipun kemampuan pesawat nirawak milik Houthi terus meningkat, banyak pihak terkejut karena pesawat nirawak ini dapat menjangkau hingga ke Tel Aviv dari Yaman.

Baca juga: Houthi Dinilai Berhasil Provokasi Israel Serang Yaman, Iran dan AS Dikhawatirkan Ikut Tepancing

Juru Bicara Houthi, Yahya Saree mengatakan, pihaknya menggunakan drone Yafa, diambil dari nama Kota Palestina yang diduduki oleh Israel yang merupakan bagian dari Tel Aviv.

"Angkatan Udara kami melakukan operasi militer menggunakan drone di Tel Aviv," kata Saree, Jumat (19/7/2024).

Drone itu datang dari arah laut menuju Tel Aviv, kemudian menabrak sebuah bangunan di persimpangan Jalan Ben Yehuda dan Jalan Shalom Aleichem.

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas