Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Dekotora Jepang Timbul Tenggelam Seiring dengan Pembatasan Pihak Kepolisian

Dekotora dilakukan truk ringan, trailer dengan melakukan dekorasi eksterior seperti mengecat bodi mobil, tambah alat penerangan dan dekorasi kabin

Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in Dekotora Jepang Timbul Tenggelam Seiring dengan Pembatasan Pihak Kepolisian
Richard Susilo
Poster festival Dekotora 14 Agustus mendatang yang akan menampilkan 300 truk bervariasi lampu hiburan sana sini di dekat Sendai prefektur Miyagi 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Dekotora atau dekorasi truk mulai populer kembali setelah diberantas polisi beberapa kali tetapi muncul lagi (timbul tenggelam) berkali-kali. Bahkan kali ini 300 truk akan tampil di lapangan parkir nomor 7 dekat kota Sendai prefektur Miyagi 14 Agustus mendatang.

“Kita tampilkan kembali dekotora Matsuri ini Agustus nanti setelah sekian lama absen,” ungkap Ono Kayama seorang anggota panitia kepada Tribunnews.com kemarin (28/7/2024).

Dekotora adalah istilah yang mengacu pada kendaraan barang (truk) yang eksteriornya dihiasi dengan bagian dekoratif atau cat khusus. Ini adalah singkatan dari "Decoration Truck" .

Meskipun demikian anehnya Dekotora yang berawa dari Jepang, akhirnya menjadi merek dagang terdaftar dari Qingdao Cultural Teaching Materials Co., Ltd. Olehkarena masalah hak cipta, kini banyak yang menguvbahnya menjadi bahasa Inggris "Art Truck" .

Dekotora dapat dilihat di semua jenis kecil dan besar mulai dari truk ringan hingga trailer, dan pada dekorasi eksterior seperti mengecat bodi mobil dan menambahkan peralatan penerangan, ada banyak contoh penambahan dekorasi pada interior pada "kabin" kursi pengemudi.

Sering dianggap bahwa itu hanya dekorasi penampilan, tetapi sejarahnya berasal dari pengejaran kepraktisan untuk mencegah karat dan dengan memasang bagian yang berat, kapasitas pemuatan maksimum berkurang, yang mengarah pada penghematan pajak (tonase).

Baca juga: Penjualan Truk Semester I 2024 Ambles, Market Share Isuzu Naik 4,8 Persen

BERITA REKOMENDASI

Contoh khas dekorasi adalah pengecatan, penambahan komponen pencahayaan yang disebut "lampu penanda" dan "andons", dan penambahan bagian dekoratif yang terbuat dari baja tahan karat atau baja berlapis krom.

Contoh julukan truk yang berasal dari pengalihan suku cadang Dekotora ada beberapa truk Jepang yang masing-masing merupakan sisa-sisa pengalihan bagian-bagian bus wisata dan dispenser hasil laut. Ada contoh dekotora yang tidak menggunakan bagian yang dialihkan ini tetapi juga diberi julukan semacam ini.

Pada saat yang sama dengan ledakan, polisi melakukan penindakan dan ada juga keluhan dari pengadu tentang dekorasi dari segi hukumnya, dan jumlah kasus yang menghambat operasi transportasi meningkat.

Olehkarena itu mulai banyak perusahaan datang untuk melarang dekorasi truk bahkan dengan biaya mereka sendiri oleh aturan internal.

Oleh karena itu, sebagian besar dekotora yang juga digunakan untuk bisnis sebagian besar adalah kendaraan yang dimiliki oleh pemilik tunggal dan perusahaan transportasi kecil yang memungkinkan dekorasi, dan jumlah kendaraan yang tidak digunakan untuk bisnis aslinya tetapi dibuat untuk mengikuti acara sebagai hobi pribadi (seperti pengalihan kendaraan bisnis) menjadi semakin meningkat.

Sejarah Dekotora

Dikatakan bahwa asal usul pelat baja tahan karat yang dicetak dengan pola bunga seperti bunga sakura dan mawar, yang merupakan bahan dasar dekorasi dekotora, dan nama sehari-hari "urokosten" adalah pemrosesan praktis.

Sepeda roda tiga mobil, yang terutama terlibat dalam industri perikanan dan pengangkutan produk kelautan, berkarat pada bodi mobil karena efek buruk dari kerusakan garam dan agen peleburan salju, dan memperpendek umur kotak kargo.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas