Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jet Tempur F-16 Hadiah Dari AS Tiba di Ukraina, Klaim Bisa Pukul Mundur Serangan Rusia

Joe Biden menegaskan bahwa pihaknya tidak akan menyediakan jet tempur F-16 yang telah diminta oleh Ukraina dalam upaya menangkis serangan Rusia.

Penulis: Namira Yunia Lestanti
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Jet Tempur F-16 Hadiah Dari AS Tiba di Ukraina, Klaim Bisa Pukul Mundur Serangan Rusia
Anadolu Agency
Jet tempur F-16 buatan AS telah sampai ke Ukraina 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Namira Yunia

TRIBUNNEWS.COM, KYIV – Lama ditunggu, Pesawat tempur F-16 hadiah dari Amerika Serikat (AS) akhirnya tiba di Ukraina. Kedatangan F-16 dikonfirmasi langsung oleh seorang pejabat AS, Kamis (1/8/2024).

Kedatangan F-16 di klaim dapat membantu militer Ukraina membangun kembali angkatan udaranya yang saat ini telah kehabisan sumber daya, akibat gempuran Rusia.

F-16 buatan pabrik Lockheed Martin, sebenarnya telah lama masuk dalam daftar keinginan Ukraina.

Baca juga: Perang Rusia-Ukraina Hari ke-890: Pertama Kali, Ukraina Terima Jet F16 Buatan AS

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky telah berulangkali memohon pada para sekutunya untuk mengirimkan sekitar 130 pesawat tempur F-16 yang telah dilengkapi dengan sistem senjata 20 mm seperti bom, roket, dan rudal.

Namun Presiden Amerika Serikat Joe Biden menegaskan bahwa pihaknya tidak akan menyediakan jet tempur F-16 yang telah diminta oleh Ukraina dalam upaya menangkis serangan Rusia.

Penolakan tersebut awalnya dimaksudkan AS untuk menekan lonjakan korban tewas sipil di Gaza yang telah mencapai 39.000 jiwa, namun setelah melewati proses negosiasi yang panjang pengiriman jet F-16 gelombang pertama akhirnya tiba di Ukraina.

BERITA TERKAIT

“Ukraina telah menerima gelombang pertama jet F-16 generasi keempat buatan AS, Bloomberg melaporkan pada tanggal 31 Juli,” ujar pejabat AS yang tidak disebutkan namanya, sebagaimana dikutip dari Kyiv Independent.

Tak hanya dari AS, kabarnya Ukraina akan menerima setidaknya 79 unit F-16 kiriman dari Belanda , Denmark , Belgia , dan Norwegia dengan pengiriman akan terus berlanjut di tahun-tahun mendatang.

Meskipun beberapa pakar pertahanan mengklaim kehadiran F-16 di Ukraina tidak akan menjadi pengubah permainan dalam perang, namun pejabat Ukraina melihat penambahan F-16 sebagai peningkatan penting bagi Angkatan Udaranya.

Baca juga: Perang Rusia-Ukraina Hari ke-889: Demi Ukraina, AS akan Bekali Jet F16 dengan Senjata Canggih

Sementara itu merespon isu kedatangan F-16 di Ukraina, Rusia menyatakan bahwa pihaknya siap menembak jatuh semua pesawat sejenis yang dikirim ke negara tetangganya itu.

Pernyataan kali ini disampaikan Juru Bicara Kremlin, Dmitry Peskov, sebagai tanggapan atas laporan yang menyebutkan bahwa jet tempur F-16 pertama yang dipasok Barat telah tiba di Ukraina.

“Jumlah mereka (F-16 di Ukraina) akan berkurang secara bertahap, mereka akan ditembak jatuh. Namun tentu saja, pengiriman ini tidak akan berdampak signifikan pada perkembangan peristiwa di garis depan,” kata Peskov.

Spesifikasi F-16

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas