Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Israel Prediksi Iran Kerahkan Rudal Balistik Skala Besar dalam Serangan Pembalasan di Sejumlah Lini

Israel mengatakan, Iran akan mengerahkan rudal balistik dalam skala besar dengan menyasar sasaran kamp dan situs strategis di wilayah tengah Isral

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Israel Prediksi Iran Kerahkan Rudal Balistik Skala Besar dalam Serangan Pembalasan di Sejumlah Lini
khaberni/HO
Gambar ekspresif - Peluncuran rudal balistik. Di tengah meningkatnya eskalasi di Timur Tengah terkait Perang Gaza, Iran diprediksi akan mengerahkan rudal balistik skala besar ke Israel sebagai pembalasan terhadap pembunuhan pemimpin politik Hamas, Ismail Haniyeh di Teheran, Rabu (31/7/2024). 

Israel Prediksi Iran Kerahkan Rudal Balistik dalam Pembalasan Besar-besaran di Sejumlah Lini

TRIBUNNEWS.COM - Surat kabar Ibrani, Israel Today, Sabtu (3/8/2024) melaporkan kalau sejumlah prediksi dari pakar di Israel menunjukkan kalau Iran akan meluncurkan rudal dalam skala besar.

Pembalasan besar-besaran Iran ini tidak lagi berupa sekadar serangan drone, sebagai pembalasan terhadap pembunuhan kepala biro politik Hamas, Ismail Haniyeh, ketika dia berada di Teheran, Rabu (31/7/2024) dini hari lalu.

Baca juga: Bagaimana dan Kapan Iran akan Membalas Israel Atas Pembunuhan Haniyeh? Paling Cepat Akhir Pekan Ini

"Hal ini terjadi ketika pendudukan Israel bersiap menghadapi serangan militer dari Iran dan Hizbullah sebagai pembalasan atas pembunuhan komandan militer Haniyeh dan Hizbullah Fouad Shukr di pinggiran selatan Beirut," tulis laporan tersebut dilansir Khaberni, Sabtu.

Tentara pendudukan Israel menempatkan seluruh sektornya dalam siaga tinggi untuk mengantisipasi serangan dari beberapa lini.

Baca juga: Keadaan Siaga Maksimum di Rumah Sakit Israel, Iran Incar Jalur Listrik dan Komunikasi

Lembaga Penyiaran Israel, KAN melaporkan kalau ada persiapan yang dilakukan militer Israel (IDF) untuk balasan Iran yang mungkin mencakup kamp dan situs strategis di wilayah tengah Israel.

"Dan bahwa Teheran dapat menerapkannya dengan rudal balistik, rudal jelajah, dan drone serang," tulis laporan tersebut.

BERITA TERKAIT

Disebutkan, gerakan Hizbullah Lebanon juga akan melakukannya. berpartisipasi dalam serangan Iran tersebut menggunakan peluncuran rudal skala besar.

Hebrew Channel 12 juga melaporkan kalau Bandara Ben Gurion di Tel Aviv tidak aktif.

"Karena tekanan kuat dari para pelancong, mengingat ketegangan keamanan, maskapai penerbangan membatalkan penerbangan mereka ke Israel, dan orang-orang Israel ingin melakukan perjalanan," tulis laporan media Ibrani tersebut.  

rudal balistik iran israel
Gambar ekspresif - Peluncuran rudal balistik. Di tengah meningkatnya eskalasi di Timur Tengah terkait Perang Gaza, Iran diprediksi akan mengerahkan rudal balistik skala besar ke Israel sebagai pembalasan terhadap pembunuhan pemimpin politik Hamas, Ismail Haniyeh di Teheran, Rabu (31/7/2024).

Seputar Rudal Balistik

Mengutip lansiran Kompas.com, rudal balistik adalah sistem senjata strategis berpemandu roket yang mengikuti lintasan balistik.

Ia dapat diluncurkan dari pesawat, kapal laut, dan kapal selam. Rudal balistik pada awalnya ditenagai oleh roket untuk mengirimkan muatan dari lokasi peluncurannya ke target yang telah ditentukan.

Senjata ini kemudian mengikuti lintasan balistik dan jatuh bebas tanpa tenaga menuju sasarannya.

Rudal balistik diklasifikasikan berdasarkan jarak maksimum yang dapat mereka tempuh, yakni seberapa kuat mesin (roket) rudal dan berat muatan rudal.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas