Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Keadaan Siaga Maksimum di Rumah Sakit Israel, Iran Incar Jalur Listrik dan Komunikasi

Israel memperkirakan, Iran akan mengincar jalur listrik dan komunikasi Israel untuk menjadi sasaran pembalasan.

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Keadaan Siaga Maksimum di Rumah Sakit Israel, Iran Incar Jalur Listrik dan Komunikasi
Anadolu Agency
EVAKUASI JENAZAH - Petugas medis Israel mengevakuasi jenazah tentara Israel. Dalam sebuah pernyataan, Jumat (26/1/2024) pihak militer Israel mengatakan dengan kematian terbaru pada hari Kamis, jumlah tentara Israel yang tewas di Gaza sejak 7 Oktober telah melonjak menjadi 557, termasuk 220 tentara yang tewas sejak dimulainya operasi darat pada 27 Oktober. 

Keadaan Siaga Maksimum di Rumah Sakit Israel, Iran Incar Jalur Listrik dan Komunikasi

TRIBUNNEWS.COM - Surat kabar Israel Maariv, Sabtu (3/7/2024) melaporkan kalau Israel menerapkan status siaga terhadap berbagai sektor pada umumnya dan sektor medis pada khususnya.

Khusus untuk sektor medis, Israel menerapkan status siaga tinggi untuk mengantisipasi pembalasan besar-besaran dari Iran.

Israel memperkirakan, Iran akan mengincar jalur listrik dan komunikasi Israel untuk menjadi sasaran pembalasan.

"Hal ini mengindikasikan (pendudukan) memasok rumah sakit besar dengan bahan bakar dan peralatan pembangkit listrik, dan mengevakuasi garasi parkir untuk digunakan sebagai rumah sakit berbenteng," tulis laporan tersebut.

Laporan juga menunjukkan bahwa rumah sakit Israel telah dilengkapi dengan telepon satelit sebagai persiapan menghadapi pemadaman komunikasi.

Para prajurit dari pasukan Israel (IDF) di Jalur Gaza. IDF dilaporkan mengalami krisis personel dan berniat membentuk divisi baru untuk mengatasi kekurangan prajurit di tengah gelombang kecemasan pasukan lama yang sudah mengalami titik kulminasi dari perang yang berlarut di Gaza.
Para prajurit dari pasukan Israel (IDF) di Jalur Gaza. IDF dilaporkan mengalami krisis personel dan berniat membentuk divisi baru untuk mengatasi kekurangan prajurit di tengah gelombang kecemasan pasukan lama yang sudah mengalami titik kulminasi dari perang yang berlarut di Gaza. (khaberni)

IDF Siagakan Pasukan

Status siaga tinggi juga diterapkan sektor pertahanan Israel.

BERITA TERKAIT

Juru bicara militer Israel menyatakan kalau Angkatan Bersenjata Israel (IDF) berada pada kesiapan puncak baik di udara, darat, dan laut serta siap menghadapi semua skenario serangan yang potensial terjadi dalam waktu segera.

Pernyataan itu dikeluarkan saat Iran, gerakan Hizbullah Lebanon, dan Kelompok Houthi Yaman menegaskan bahwa tanggapan dan pembalasan terhadap penargetan dan pembunuhan pemimpin polit biro Hamas, Ismail Haniyeh, akan dilakukan secara terkoordinasi.

Baca juga: Shin Bet Israel Keluarkan Instruksi Luar Biasa Antisipasi Pembalasan Iran yang Incar Nyawa Netanyahu

Terkait hal tersebut, Channel 12 Ibrani mengatakan kalau tentara IDF terindikasi menaikkan status mereka menjadi siaga perang.

Status siaga ini terlihat saat IDF menyiapkan puluhan pesawat tempur di landasan untuk persiapan pertahanan dan serangan.

IDF juga memobilisasi kapal perang.

Media Israel tersebut juga melaporkan kalau Angkatan Udara Israel (IAF) meningkatkan jumlah pesawat tempur yang berpatroli di sepanjang perbatasan di beberapa front.

Baca juga: Komite Perlawanan Palestina: Hizbullah-Houthi-Kataib Hizbullah Bersatu, Awal Habisnya Israel

AS Kerahkan Belasan Kapal Perang

Tanda-tanda terjadinya perang besar di Timur Tengah juga makin tampak seiring meningkatnya eskalasi konflik antara Israel dan milisi pembebasan Palestina dan para entitas pendukungnya dalam konteks Perang Gaza.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas