Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Sheikh Hasina Kabur Gunakan Helikopter ke India dengan Saudaranya usai Mundur dari PM Bangladesh

Sheikh Hasina kabur ke India menggunakan helikopter bersama dengan saudaranya usai menyatakan mundur sebagai PM Bangladesh.

Penulis: Yohanes Liestyo Poerwoto
Editor: Garudea Prabawati
zoom-in Sheikh Hasina Kabur Gunakan Helikopter ke India dengan Saudaranya usai Mundur dari PM Bangladesh
X Al Jazeera English
Pengunjuk rasa turun ke jalan menuntut PM Bangladesh Sheikh Hasina mengundurkan diri, 4 Agustus 2024. Sheikh Hasina kabur ke India menggunakan helikopter bersama dengan saudaranya usai menyatakan mundur sebagai PM Bangladesh. 

TRIBUNNEWS.COM - Sheikh Hasina mundur dari jabatannya sebagai Perdana Menteri (PM) Bangladesh pada Senin (5/8/2024).

Dikutip dari Reuters, mundurnya Sheik Hasina diumumkan oleh Kepala Angkatan Darat Bangladesh, Waker Uz Zaman lewat siaran di televisi nasional.

Berdasarkan laporan media setempat, Sheikh Hasina, saat ini telah kabur menggunakan helikopter militer bersama saudara perempuannya dan menuju ke India.




Menurut saluran televisi CNN News 18, Sheikh Hasina dan saudaranya itu telah mendarat di ibu kota negara bagian Tripura di timur laut India, Agartala yang berbatasan langsung dengan Bangladesh.

Sebelumnya, Bangladesh telah dilanda protes dan aksi kekerasan setelah unjuk rasa yang dilakukan mahasiswa sejak dua bulan lalu.

Unjuk rasa itu buntut adanya sistem kuota di sektor pemerintahan yang meningkat.

Akibat unjuk rasa ini, dilansir CNN, sekitar 250 orang terbunuh dan ribuan lainnya terluka dalam kekerasan tersebut.

BERITA TERKAIT

Sementara, Kepala Angkatan Darat Bangladesh, Waker Uz Zaman mengatakan dirinya telah mengadakan pertemuan yang 'membuahkan hasil' bersama para pemimpin seluruh partai besar di Bangladesh.

Baca juga: Demo di Bangladesh Makin Memanas, PM Sheik Hasina Dikabarkan Mundur

Adapun hasil pertemuan itu bakal disampaikan kepada Presiden Bangladesh, Mohammed Shahabuddin untuk didiskusikan lebih lanjut.

"Negara ini sedang mengalami masa revolusi. Saya berjanji kepada Anda semua, kami akan membawa keadilan atas semua pembunuhan dan ketidakadilan."

"Kami meminta kepada Anda semua untuk percaya pada tentara negara ini. Saya bertanggung jawab penuh dan menjamin Anda tidak bakal berkecil hati," kata Zaman.

Dia juga meminta agar masyarakat Bangladesh bersabar akan keputusan lanjutan pasca demonstrasi besar-besaran yang tersebar di seluruh negara.

"Saya meminta Anda semua untuk sedikit bersabar, beri kami waktu dan bersama-sama kita akan dapat menyelesaikan semua masalah."

"Tolong jangan kembali ke jalan kekerasan dan tolong kembali ke cara-cara damai," tegasnya.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas