Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ben Gvir Pimpin Ratusan Pemukim Israel Menyerbu ke Masjid Al-Aqsa dengan Perlindungan Polisi

Menteri Israel, Itamar Ben Gvir memimpin ratusan pemukim Yahudi menyerbu masuk ke Masjid Al-Aqsa.

Penulis: Muhammad Barir
zoom-in Ben Gvir Pimpin Ratusan Pemukim Israel Menyerbu ke Masjid Al-Aqsa dengan Perlindungan Polisi
Twitter/itamarbengvir
Itamar Ben-Gvir ke kompleks Masjid Al-Aqsa di Yerusalem pada hari Minggu (21/5/2023). 

Ben Gvir Pimpin Ratusan Pemukim Israel Menyerbu ke Masjid Al-Aqsa dengan Perlindungan Polisi

TRIBUNNEWS.COM- Menteri Israel, Itamar Ben Gvir memimpin ratusan pemukim Yahudi menyerbu masuk ke Masjid Al-Aqsa.

Sedangkan Jamaah Palestina dilarang memasuki kompleks tersebut ketika Ben Gvir dan menteri pemerintah lainnya menyerbu tempat suci tersebut di bawah perlindungan polisi.

Ratusan pemukim Israel, termasuk Menteri Keamanan Nasional Itamar Ben Gvir, menyerbu kompleks Masjid Al-Aqsa di Yerusalem yang diduduki pada 13 Agustus, ditemani oleh pasukan pelindung polisi Israel.

Menteri Israel Urusan Negev dan Galilea Yitzhak Wasserlauf dan sekelompok besar pemukim juga menemani Ben Gvir.

"Ben Gvir dan Wasserlauf menyerbu Masjid Al-Aqsa dari Gerbang Maghribi, dan berkeliling di halaman timur, ditemani oleh sejumlah besar polisi pendudukan," sumber lokal mengatakan kepada kantor berita Palestina WAFA, seraya menambahkan bahwa polisi membatasi masuknya jamaah saat kedua menteri Israel tersebut memasuki tempat suci tersebut.

Ini adalah serangan keenam Ben Gvir ke kompleks Masjid Al-Aqsa sejak pemerintahan Benjamin Netanyahu berkuasa pada tahun 2022.

BERITA TERKAIT

Serangannya yang berulang kali ke tempat suci tersebut sangat provokatif dan berkontribusi terhadap meningkatnya ketegangan di Tepi Barat dan Yerusalem yang diduduki selama dua tahun terakhir.

“Kita berada di Tisha B'Av, Temple Mount, untuk memperingati penghancuran Bait Suci. Namun, perlu dikatakan dengan tulus: ada kemajuan yang sangat signifikan di sini dalam tata kelola, dalam kedaulatan. Seperti yang telah saya katakan, kebijakan kita adalah memungkinkan doa,” kata Ben Gvir dari dalam kompleks, yang diserbunya untuk memperingati hari raya Tisha B'Av.

Beberapa pejabat Israel, termasuk pemimpin oposisi dan Netanyahu sendiri, mengkritik penyerbuan Ben Gvir.

Netanyahu mengatakan bahwa menteri keamanan nasionalnya tidak berwenang untuk "menetapkan kebijakan di Temple Mount," seraya menambahkan bahwa penyerbuannya melanggar status quo situs tersebut.

Yang lain, termasuk pemimpin oposisi Yair Lapid, mengatakan penyerbuan situs tersebut membahayakan keamanan Israel.

Penggalian Israel di bawah Masjid Al-Aqsa yang berlatar belakang agama dan sejarah – yang ilegal dan berbahaya – telah meningkat secara signifikan sejak Ben Gvir menjabat di bawah pemerintahan Netanyahu pada tahun 2022.

Hampir 2.000 pemukim menyerbu lokasi tersebut pada hari Selasa dan melakukan ritual Talmud, menurut Kementerian Wakaf Islam.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas