Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Irak Tunda Pengumuman Tanggal Berakhirnya Misi Koalisi Pimpinan Amerika Serikat

Kementerian Luar Negeri Irak mengatakan pada hari Kamis bahwa pengumuman mengenai tanggal berakhirnya misi koalisi pimpinan AS telah ditunda.

Penulis: Muhammad Barir
zoom-in Irak Tunda Pengumuman Tanggal Berakhirnya Misi Koalisi Pimpinan Amerika Serikat
AP
Sekitar 5.200 tentara Amerika Serikat ditempatkan di Irak sebagai bagian dari koalisi yang dibentuk pada 2014 untuk melawan ISIL 

Irak Tunda Pengumuman Tanggal Berakhirnya Misi Koalisi Pimpinan Amerika Serikat

TRIBUNNEWS.COM-  Kementerian Luar Negeri Irak mengatakan pada hari Kamis bahwa pengumuman mengenai tanggal berakhirnya misi koalisi pimpinan AS telah ditunda karena "perkembangan terkini". Kementerian tersebut tidak mengidentifikasi perkembangan tersebut, Reuters melaporkan.

Komisi Tinggi Militer AS-Irak, yang terdiri dari pejabat dari kedua negara, membahas rincian penarikan penasihat dari lokasi militer, kata Kementerian Luar Negeri dalam sebuah pernyataan.

Dikatakannya, satu-satunya masalah yang tersisa sebelum mencapai kesepakatan untuk mengakhiri kehadiran koalisi di Irak adalah kesepakatan mengenai tanggal pengumuman, aspek logis, dan rincian lainnya.

Sebagai sekutu langka AS dan Iran, Irak menampung 2.500 tentara AS dan memiliki pejuang yang didukung Iran yang terkait dengan pasukan keamanannya. Irak telah menyaksikan meningkatnya serangan balasan sejak perang Israel-Palestina di Gaza meletus pada bulan Oktober.

Pada tanggal 5 Agustus, sedikitnya lima personel AS terluka dalam serangan terhadap pangkalan militer di Irak.

Irak menginginkan pasukan dari koalisi militer pimpinan AS untuk mulai menarik diri pada bulan September dan secara resmi mengakhiri tugas koalisi tersebut pada bulan September 2025, sumber-sumber Irak telah mengatakan, dengan beberapa pasukan AS kemungkinan akan tetap dalam kapasitas penasihat yang baru dinegosiasikan.

BERITA TERKAIT

SUMBER: MIDDLE EAST MONITOR

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas