Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Reputasi Israel Tak Tertembus Hancur: Bom Meledak di Tel Aviv, Drone Hizbullah Intip Rumah Netanyahu

reputasi Israel makin cemar lantaran dua insiden yang terjadi di Jantung Ibu Kota, Tel Aviv, dan kediaman Perdana Menteri Benjamin Netanyahu di Utara

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Reputasi Israel Tak Tertembus Hancur: Bom Meledak di Tel Aviv, Drone Hizbullah Intip Rumah Netanyahu
khaberni
Lokasi ledakan bom yang diduga dibawa seorang pria dari Nablus, Tepi Barat, di pinggir jalan Ibu Kota Israel, Tel Aviv, Minggu (18/8/2024). 

Reputasi Israel Tak Tertembus Hancur, Ledakan di Jantung Tel Aviv, Drone Hizbullah Intip Rumah Netanyahu

TRIBUNNEWS.COM - Dua insiden keamanan pada Minggu (18/8/2024) di wilayah pendudukan Israel dinilai merusak reputasi keamanan Israel yang digadang-gadang sebagai negara dengan sistem keamanan paling top di dunia.

Reputasi Israel soal ini sebelumnya dirusak oleh serangan kejutan Banjir Al-Aqsa oleh milisi perlawanan Palestina, Hamas, pada 7 Oktober 2023 silam, serta serangan balasan langsung Iran pada April kemarin sebagai respons pemboman kedutaan negara tersebut di Suriah.

Kini, reputasi Israel makin cemar lantaran dua insiden yang terjadi di jantung Ibu Kota, Tel Aviv, dan kediaman Perdana Menteri Benjamin Netanyahu di wilayah utara pendudukan.

Baca juga: Serangan Iran ke Israel Kelamaan, Operasi Intelijen di Tel Aviv Bakal Setara yang Terjadi di Teheran

Insiden pertama berupa sebuah pesawat nirawak milik Hizbullah diduga menyusup ke Israel utara dan merekam rumah Netanyahu di Kaisarea, demikian dilaporkan harian Israel Hayom pada Minggu.

Netanyahu dan keluarganya biasanya menghabiskan akhir pekan di kediaman pribadi mereka di Kaisarea, yang terletak 37 km selatan Haifa di pantai Mediterania.

Menurut Israel Hayom, sebuah kapal rudal Angkatan Laut Israel yang ditempatkan di lepas pantai Kaisarea melaporkan pada hari Jumat bahwa sebuah pesawat nirawak yang diduga terbang di daerah tersebut.

BERITA REKOMENDASI

Surat kabar tersebut berspekulasi bahwa pesawat nirawak tersebut diluncurkan oleh Hizbullah untuk merekam rumah Netanyahu.

Pesawat nirawak tersebut terdeteksi oleh radar kapal rudal tersebut, tetapi tidak terdeteksi oleh sistem kendali lainnya.

Meskipun telah ada peringatan, jet tempur yang dikirim ke daerah tersebut tidak dapat menemukan pesawat nirawak tersebut.

Ilustrasi drone penyerang. Pasukan Israel mengakui kalau milisi Hizbullah Lebanon mampu meluncurkan drone menembus wilayah pendudukan Israel di Galilea sejauh 40 kilometer tanpa bisa dicegat sistem pertahanan udara Iron Dome.
Ilustrasi drone penyerang. Pasukan Israel mengakui kalau milisi Hizbullah Lebanon mampu meluncurkan drone menembus wilayah pendudukan Israel di Galilea sejauh 40 kilometer tanpa bisa dicegat sistem pertahanan udara Iron Dome. (khaberni/HO)

Militer Israel menduga bahwa itu mungkin alarm palsu, mengingat bahwa sistem radar terkadang mengeluarkan peringatan palsu, bahkan untuk kawanan burung.

Namun, militer Israel belum sepenuhnya mengenyampingkan kemungkinan peluncuran pesawat nirawak kecil dari Lebanon.

Kantor Netanyahu, dalam menanggapi laporan tersebut, menyatakan kalau itu adalah "alarm palsu" dan mengklarifikasi bahwa Perdana Menteri tidak berada di rumahnya di Caesarea pada saat itu.

Hizbullah sebelumnya telah merilis rekaman yang diambil oleh pesawat nirawak Hodhod yang memperlihatkan pangkalan militer Israel dan infrastruktur penting di Israel utara.

Baca juga: Burung-Burung Hoopoe Bawa Kabar ke Hizbullah yang Bikin Israel Meriang, Situs Sensitif Terpetakan

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas