Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Bukti Terbaru Ekonomi Israel Kian Melorot Gegara Perang Gaza, Iran Bisa Bikin Tel Aviv Tambah Boncos

Fitch memperingatkan kalau meningkatnya ketegangan antara Israel dan Iran dapat menimbulkan “pengeluaran militer tambahan yang signifikan” bagi Israel

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Bukti Terbaru Ekonomi Israel Kian Melorot Gegara Perang Gaza, Iran Bisa Bikin Tel Aviv Tambah Boncos
khaberni/HO
Tentara Israel (IDF) menangis dan menyeka air matanya saat menghadiri penguburan rekan mereka. Selain korban jiwa dari pasukannya, Israel dilaporkan juga mengalami guncangan ekonomi yang signifikan karena Perang Gaza dan konflik turunannya di Timur Tengah. 

Bukti Terbaru Ekonomi Israel Kian Melorot Gegara Perang Gaza, Iran Bisa Bikin Tel Aviv Tambah Boncos

TRIBUNNEWS.COM - Pekan lalu, lembaga pemeringkat kredit internasional, Fitch Ratings menurunkan skor kredit Israel dari A+ menjadi A.

Fitch merujuk pada perang yang terus berlanjut di Gaza dan meningkatnya risiko geopolitik sebagai pendorong utama penurunan skor kredit Israel tersebut.

Lembaga tersebut juga mempertahankan prospek Israel sebagai "negatif", yang berarti penurunan peringkat lebih lanjut mungkin terjadi.

Baca juga: Dikepung 7 Front, Israel Masih Cari Masalah Sama Mesir, Klaim Temukan Terowongan Besar di Perbatasan

Setelah serangan mematikan Hamas pada 7 Oktober, pasar saham dan mata uang Israel anjlok. Keduanya dilaporkan telah bangkit kembali.

"Namun, kekhawatiran tentang ekonomi negara itu tetap ada," tulis penulis dan analis Alexander Kozul-Wright, di Al Jazeera, dikutip Sabtu (24/8/2024).

Awal tahun ini, Moody's dan S&P juga memangkas peringkat kredit untuk Israel.

Sejauh ini, perang Israel di Gaza telah menewaskan lebih dari 40.000 warga Palestina dan menghancurkan ekonomi di daerah kantong Palestina yang terkepung itu.

BERITA TERKAIT

Ada juga tanda-tanda dampak buruk di Israel, di mana konsumsi, perdagangan, dan investasi semuanya telah dibatasi.

Eskalasi Iran Bikin Ekonomi Israel Makin Terbebani

Secara terpisah, Fitch memperingatkan kalau meningkatnya ketegangan antara Israel dan Iran dapat menimbulkan “pengeluaran militer tambahan yang signifikan” bagi Israel.

Bank Israel memperkirakan biaya terkait perang untuk tahun 2023-2025 dapat mencapai 55,6 miliar dolar AS atau setara Rp 856,306 Triliun.

Dana ini kemungkinan akan didapatkan melalui kombinasi pinjaman yang lebih tinggi dan pemotongan anggaran.

Hasilnya adalah bahwa operasi militer membebani perekonomian.

Pada hari Minggu, Biro Statistik Pusat Israel memperkirakan bahwa produksi tumbuh sebesar 2,5 persen (pada tingkat tahunan) pada paruh pertama tahun 2024, turun dari 4,5 persen pada periode yang sama tahun lalu.

Pertumbuhan Melambat, Kekacauan Ekonomi

Sebelum pecahnya perang, ekonomi Israel diperkirakan tumbuh sebesar 3,5 persen tahun lalu. Pada akhirnya, produksi meningkat hanya sebesar 2 persen.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas