Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Serangan Baru ke Kapal Terjadi di Dekat Yaman, YAF: Bantuan AS untuk Bela Israel Tak Efektif

Koordinasi Operasi Perdagangan Maritim Inggris (UKMTO) menyatakan telah menerima laporan adanya perahu kecil mendekat dengan kecepatan tinggi

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Serangan Baru ke Kapal Terjadi di Dekat Yaman, YAF: Bantuan AS untuk Bela Israel Tak Efektif
MNA/Tangkap Layar
Sebuah kapal komesial tampak mengalami kebakaran dengan asap hitam membumbung seusai mendapat serangan di Laut Merah, Yaman. Pusat Koordinasi Operasi Perdagangan Maritim Inggris melaporkan insiden keamanan serangan baru di dekat Yaman, Senin (26/8/2024). 

Serangan Baru ke Kapal Terjadi di Dekat Yaman, YAF: Bantuan AS untuk Bela Israel Tak Efektif

TRIBUNNEWS.COM - Pusat Koordinasi Operasi Perdagangan Maritim Inggris melaporkan insiden keamanan serangan baru di dekat Yaman, Senin (26/8/2024).

Koordinasi Operasi Perdagangan Maritim Inggris (UKMTO) menyatakan telah menerima laporan adanya perahu kecil mendekat dengan kecepatan tinggi di bagian kanan sebuah kapal dagang.




"Insiden itu terjadi 55 mil laut tenggara Aden, Yaman," tambahnya.

Rakyat Yaman telah menyatakan dukungan terbuka mereka terhadap perjuangan Palestina melawan pendudukan Israel sejak rezim tersebut melancarkan perang dahsyat di Gaza pada tanggal 7 Oktober setelah gerakan Perlawanan Palestina di wilayah tersebut melakukan serangan balasan yang mengejutkan, yang disebut Operasi Badai Al-Aqsa, terhadap entitas pendudukan.

Angkatan Bersenjata Yaman (Yemen Armed Forces/YAF) mengatakan bahwa mereka tidak akan menghentikan serangan mereka sampai serangan darat dan udara Israel yang tak henti-hentinya di Gaza, yang telah menewaskan sedikitnya 27.948 orang dan melukai 67.459 orang lainnya, berakhir.

Amerika Serikat dan Inggris pada bulan Desember mengumumkan koalisi militer untuk menargetkan Yaman untuk mendukung Israel. 

Seorang demonstran membawa drone tiruan saat unjuk rasa di ibu kota Yaman, Sanaa, yang dikuasai Houthi pada 23 Februari 2024
Seorang demonstran membawa drone tiruan saat unjuk rasa di ibu kota Yaman, Sanaa, yang dikuasai Houthi pada 23 Februari 2024 (MOHAMMED HUWAIS)

Angkatan Bersenjata Yaman Siap Membalas Israel

BERITA TERKAIT

Adapun Angkatan bersenjata Yaman yang terafiliasi dengan gerakan Ansarallah Houthi menyatakan berada pada tingkat kesiapan tertinggi untuk melancarkan pukulan menyakitkan terhadap rezim pendudukan.

Menteri pertahanan Yaman, Mohamed al-Atifi menyatakan, serangan itu akan memberikan dampak keras bagi Israel

“Kami siap memberikan pukulan menyakitkan terhadap Israel,” kata menteri pertahanan Yaman.

"Sasaran Israel telah dipilih dengan cermat," tambahnya.

Mobilisasi militer Amerika di kawasan untuk membela rezim Zionis tidak penting dan tidak efektif, tegasnya.

Pasukan Houthi Yaman kembali merilis video yang menunjukkan pasukannya menyerang kapal Sounion di Laut Merah, pada Jumat (23/8/2024).
Pasukan Houthi Yaman kembali merilis video yang menunjukkan pasukannya menyerang kapal Sounion di Laut Merah, pada Jumat (23/8/2024). (Kolase Tribunnews)

Serangan Houthi Yaman Ubah Kapal Tanker Minyak Sounion Jadi Ledakan Bola Api Raksasa

Beredar video yang viral di media sosial, momen ketika serangan kelompok Houthi menyerang sebuah kapal tanker minyak.

Terekam dalam video tersebut, serangan Houthi dalam sekejap mata mengubah kapal tanker minyak menjadi bola api raksasa.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas