Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Arab Saudi Mengecam Pernyataan Ben Gvir Terkait Rencana Pendirian Sinagoge di Masjid Al Aqsa

Arab Saudi mengecam pernyataan Menteri Keamanan Nasional Israel Itamar Ben Gvir yang menyerukan pendirian Sinagoge Yahudi di Masjid Al-Aqsa.

Penulis: Muhammad Barir
zoom-in Arab Saudi Mengecam Pernyataan Ben Gvir Terkait Rencana Pendirian Sinagoge di Masjid Al Aqsa
Tangkap layatAFPTV
Tangkapan layar yang diambil dari rekaman AFPTV menunjukkan Menteri Keamanan Nasional Israel Itamar Ben Gvir berbicara di kompleks masjid Al-Aqsa di Yerusalem pada 17 Juli 2024. 

Arab Saudi Mengecam Pernyataan Ben Gvir Terkait Rencana Pendirian Sinagoge di Masjid Al Aqsa

TRIBUNNEWS.COM- Arab Saudi mengecam pernyataan Ben Gvir terkait pendirian Sinagoge di Masjid Al-Aqsa

Arab Saudi mengecam pernyataan Menteri Keamanan Nasional Israel Itamar Ben Gvir yang menyerukan pendirian Sinagoge Yahudi di Masjid Al-Aqsa.




Menurut pernyataan Kementerian Luar Negeri Saudi, Kerajaan Saudi menegaskan penolakannya terhadap pernyataan-pernyataan ekstremis dan menghasut ini, dan penolakannya terhadap provokasi yang terus menerus terhadap perasaan umat Islam di seluruh dunia.

Kerajaan menekankan perlunya menghormati status sejarah dan hukum Masjidil Haram Al-Aqsa, memperbarui seruannya kepada komunitas internasional untuk memikul tanggung jawab dalam mengakhiri bencana kemanusiaan yang disaksikan oleh persaudaraan rakyat Palestina, dan mengaktifkan mekanisme yang serius untuk meminta pertanggungjawaban pejabat Israel atas pelanggaran yang terus berlanjut terhadap hukum, norma, dan resolusi internasional.

Arab Saudi mengecam Menteri Keamanan Nasional sayap kanan Itamar Ben Gvir setelah ia menyatakan dukungannya terhadap pembangunan sinagoge di Temple Mount, Kota Tua Yerusalem.

Pernyataan yang dikeluarkan oleh Kementerian Luar Negeri Saudi tidak menyebutkan nama Ben Gvir, melainkan menyebutnya sebagai “seorang menteri dalam pemerintahan pendudukan Israel.”

BERITA TERKAIT

“Kerajaan menegaskan penolakan tegasnya terhadap pernyataan ekstremis dan menghasut ini, dan penolakannya terhadap provokasi yang terus-menerus terhadap perasaan umat Islam di seluruh dunia,” kata pernyataan itu.

“Kerajaan menekankan perlunya menghormati status quo historis dan hukum di Masjid Al-Aqsa, memperbarui seruannya kepada masyarakat internasional untuk memikul tanggung jawabnya dalam mengakhiri bencana kemanusiaan yang dialami oleh saudara-saudara Palestina dan mengaktifkan mekanisme serius untuk meminta pertanggungjawaban pejabat Israel atas pelanggaran hukum, norma, dan resolusi internasional yang terus-menerus.”


Ben Gvir Serukan Bangun Sinagoge di Masjid Al-Aqsa, Badai Politik Melanda Israel, Aliansi Strategis Israel & Negara-negara Muslim dalam Bahaya

Badai politik melanda Israel setelah Ben Gvir menyerukan pembangunan Sinagoge di Masjid Al-Aqsa

Pejabat Israel mengecam seruan Menteri Keamanan Nasional sebagai perilaku yang 'ceroboh'

Seruan Menteri Keamanan Nasional Itamar Ben Gvir untuk mengizinkan doa orang Yahudi di kompleks Masjid Al-Aqsa di Yerusalem yang diduduki, yang dikenal sebagai Temple Mount bagi orang Yahudi, telah menyebabkan "badai politik," Israel Hayom melaporkan pada tanggal 26 Agustus.

Ben Gvir menyampaikan komentar tersebut dalam wawancaranya pada Senin pagi di Radio Angkatan Darat, dan juga mengklaim bahwa ia “akan mendirikan sinagoge di sana.”

Masjid Al-Aqsa di Yerusalem dianggap sebagai situs tersuci ketiga dalam Islam.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas