Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Hamas dan Seluruh Faksi Serukan Perlawanan Total Seluruh Warga Palestina di Tepi Barat, Lawan Israel

Faksi-faksi Palestina menyerukan mobilisasi rakyat Palestina untuk membela Tepi Barat saat bentrokan berkecamuk.

Penulis: Muhammad Barir
zoom-in Hamas dan Seluruh Faksi Serukan Perlawanan Total Seluruh Warga Palestina di Tepi Barat, Lawan Israel
AFP/RONALDO SCHEMIDT
Tentara Israel berjalan di jalan selama penyerangan ke kamp al-Faraa untuk pengungsi Palestina di dekat kota Tubas di Tepi Barat yang diduduki pada 28 Agustus 2024. - Sedikitnya 10 warga Palestina tewas dalam penggerebekan dan serangan Israel di beberapa kota di utara Tepi Barat yang diduduki, kata juru bicara Bulan Sabit Merah pada 28 Agustus. Operasi itu dilakukan dua hari setelah Israel mengatakan telah melakukan serangan udara di Tepi Barat yang menurut Otoritas Palestina menewaskan lima orang. (Photo by RONALDO SCHEMIDT / AFP) 

Seluruh Warga Palestina Tepi Barat Diminta Hadapi Agresi Israel, Hamas & PIJ Serukan Perlawanan Total

TRIBUNNEWS.COM- Faksi-faksi Palestina menyerukan mobilisasi rakyat Palestina untuk membela Tepi Barat saat bentrokan berkecamuk.

Beberapa faksi perlawanan Tepi Barat saat ini sedang berhadapan dengan pasukan Israel di kamp-kamp dan jalan-jalan Jenin, Tulkarem, dan Tubas.




Komite Pasukan Nasional dan Islam di Gaza, yang terdiri dari Hamas, gerakan Jihad Islam Palestina (PIJ), dan beberapa faksi lainnya, telah menyerukan kepada seluruh rakyat Palestina untuk menghadapi serangan Israel yang sedang berlangsung di Tepi Barat yang diduduki.

“Agresi ini merupakan perpanjangan dari perang pemusnahan dan pengusiran terhadap rakyat Palestina dan tanah mereka,” kata komite tersebut dalam sebuah pernyataan, seraya menambahkan bahwa “perlawanan ini gigih dan akan menggagalkan tujuan zionis.”

Komite tersebut berduka cita atas mereka yang terbunuh di Tepi Barat pada tanggal 27 Agustus.

Komite tersebut juga meminta Otoritas Palestina (PA) dan badan keamanan yang berafiliasi dengannya untuk “menjalankan tugasnya untuk melindungi rakyat Palestina” dan “mengambil inisiatif di bidang kehormatan dan martabat serta menghadapi kaum Zionis dan gerombolan pemukim mereka.”

BERITA TERKAIT

Ia menyerukan kepada seluruh warga Palestina untuk “memobilisasi diri untuk konfrontasi umum dan keterlibatan terbuka dengan musuh guna mempertahankan tanah dan identitas serta mendukung rakyat kami di Tepi Barat utara.”

Dalam pernyataan terpisah, Hamas menyerukan kepada setiap warga Palestina “di setiap tempat di tanah kami yang diduduki” untuk meningkatkan perlawanan terhadap Israel.

Tentara Israel melancarkan operasi terbesarnya di Tepi Barat yang diduduki dalam lebih dari dua dekade pada awal 28 Agustus.

Israel menyerbu Jenin, Tulkarem, dan Tubas dengan ratusan tentara dan melancarkan serangan udara terhadap tiga kota, yang dianggap sebagai pusat perlawanan di wilayah tersebut.

Setidaknya sembilan warga Palestina telah tewas sejak operasi yang dijuluki "Kamp Musim Panas" itu dimulai. Operasi itu diperkirakan akan berlangsung beberapa hari.

Menteri Luar Negeri Israel telah menyerukan evakuasi paksa warga sipil di seluruh Tepi Barat, seperti yang telah dilakukan di Gaza.

Menurut jurnalis Palestina Azzam Abu al-Adas, pasukan Israel mengubah sebuah toko di kamp Faraa dekat Tubas menjadi pusat penahanan dan interogasi.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas