Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Israel Salahkan Iran atas Pecahnya Perlawanan Palestina di Tepi Barat

Israel menyalahkan Iran atas pecahnya konfrontasi dengan faksi perlawanan Palestina di Tepi Barat. Setidaknya 12 warga Palestina tewas.

Penulis: Yunita Rahmayanti
Editor: Garudea Prabawati
zoom-in Israel Salahkan Iran atas Pecahnya Perlawanan Palestina di Tepi Barat
X/Ayatollah Ali Khamenei/@khamenei_ir
Pemimpin Tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei. --- Israel menyalahkan Iran atas pecahnya konfrontasi tentara Israel dengan faksi perlawanan Palestina di Tepi Barat. 

TRIBUNNEWS.COM - Tentara Israel menganggap Iran bertanggung jawab atas meningkatnya konfrontasi dengan faksi perlawanan Palestina di Tepi Barat baru-baru ini.

Sumber militer Israel menuduh Iran mendanai faksi perlawanan Palestina di Tepi Barat untuk mendukung serangan terhadap tentara Israel.

“Baru-baru ini, Tepi Barat telah menyaksikan peningkatan nyata dalam aktivitas dan operasi, yang menunjukkan tanda-tanda jelas adanya campur tangan Iran," kata sumber militer Israel dalam pernyataan pers, Rabu (28/8/2024).




"Laporan keamanan Israel menunjukkan bahwa serangan-serangan ini didanai dan diarahkan oleh Iran, yang menyoroti hal tersebut semakin besarnya ancaman yang ditimbulkan oleh Iran,” lanjutnya.

Sumber tersebut juga menyoroti tewasnya tujuh warga Palestina dalam konfrontasi dengan tentara Israel di Tepi Barat, yang menurutnya menunjukkan ancaman yang serius di wilayah tersebut.

Ia menegaskan serangan Israel di Tepi Barat baru-baru ini bertujuan untuk menghilangkan apa yang mereka sebut sarang militan.

Serangan Israel dapat berlanjut selama diperlukan dan mungkin terjadi dalam jangka waktu yang lama, menurut sumber tersebut.

BERITA TERKAIT

“Operasi ini tidak dianggap sebagai operasi baru, melainkan merupakan bagian dari upaya berkelanjutan untuk memerangi operasi di Tepi Barat. Tujuan utama dari kampanye ini adalah untuk menghilangkan ancaman dan menjamin kebebasan bergerak di wilayah tersebut bagi penduduk," katanya.

"Harus ditekankan bahwa operasi ini tidak terkait dengan arena lain, melainkan hanya berfokus pada pemberantasan militan di Tepi Barat," ujarnya, menyinggung isu tentang serangan Israel di Jalur Gaza dan Lebanon selatan.

Israel Tuduh Iran Danai Faksi Perlawanan Palestina

Sumber militer Israel yakin Iran mendanai operasi yang dilakukan faksi-faksi perlawanan Palestina di Tepi Barat.

Baca juga: Tepi Barat Jadi Gaza Part 2, IDF Ultimatum Warga Tulkarm untuk Pergi dalam 4 Jam, Mau Serbu RS Jenin

"Investasi Iran ini diwujudkan dalam mendukung dan mempersenjatai sel-sel tersebut dengan senjata dan bahan peledak berbahaya, termasuk alat peledak yang terbuat dari tabung gas," katanya.

Ia mengatakan tentara Israel telah menyita sejumlah besar senjata dan alat peledak dalam beberapa minggu terakhir yang mereka temukan di Tepi Barat.

Sumber tersebut juga menuduh Iran membantu faksi-faksi perlawanan Palestina di Tepi Barat dengan sarana digital canggih dan secara finansial.

“Iran tidak puas dengan mendukung operasi di Tepi Barat melalui senjata dan pendanaan saja, namun mereka juga berkontribusi dalam mengarahkan serangan ini melalui sarana digital canggih, dan memberikan dukungan keuangan langsung kepada sel-sel ini. Meskipun tidak ada angka pastinya, perkiraan menunjukkan bahwa pendanaan operasi Iran di wilayah tersebut berjumlah jutaan dolar,” klaimnya.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas