Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Sepak Bola Israel Terancam Sanksi FIFA Minggu ini, FIFA Pertimbangkan Permintaan PFA Sanksi Israel

Hanya satu bulan setelah tim sepak bola nasional Israel kembali ke Olimpiade untuk pertama kalinya dalam hampir 50 tahun, Israel terancam sanksi FIFA

Penulis: Muhammad Barir
zoom-in Sepak Bola Israel Terancam Sanksi FIFA Minggu ini, FIFA Pertimbangkan Permintaan PFA Sanksi Israel
MUSTAFA YALCIN / ANADOLU / Anadolu via AFP
PARIS, PRANCIS - 24 JULI: Para penggemar mengibarkan bendera Palestina selama pertandingan Grup D Putra antara Mali dan Israel selama Olimpiade Paris 2024 di stadion Parc des Princes di Paris, Prancis pada 24 Juli 2024. 

Sepak Bola Israel Terancam Sanksi FIFA Minggu ini

TRIBUNNEWS.COM- Sepak bola Israel bisa saja dilarang oleh FIFA minggu ini.

Hanya satu bulan setelah tim sepak bola nasional Israel kembali ke Olimpiade untuk pertama kalinya dalam hampir 50 tahun, negara tersebut menghadapi potensi sanksi dan larangan dari kompetisi internasional dalam olahraga paling populer di dunia.




FIFA, badan pengatur sepak bola dunia, sedang mempertimbangkan permintaan dari Asosiasi Sepak Bola Palestina (PFA) untuk sementara melarang Asosiasi Sepak Bola Israel (IFA) dari turnamen mendatang.

Alasannya, seperti dalam permohonan Palestina kepada badan internasional lainnya, adalah perang di Gaza: pejabat Palestina menuduh bahwa Israel melakukan pelanggaran terhadap hukum internasional dan melanggar kebijakan hak asasi manusia FIFA .

PFA mengajukan proposal resminya pada bulan Maret, dan keputusannya diharapkan pada hari Sabtu.

FIFA telah menunda keputusan tersebut beberapa kali, termasuk beberapa hari sebelum Olimpiade — sebuah turnamen di mana Palestina juga menentang keikutsertaan Israel.

BERITA TERKAIT

FIFA meminta tinjauan hukum independen dan meminta masukan dari federasi sepak bola Israel dan Palestina.

Israel membantah tuduhan dalam klaim PFA, yang oleh kepala IFA Moshe Zuares disebut sebagai "upaya sinis, politis, dan bermusuhan oleh Asosiasi Palestina untuk merusak sepak bola Israel."

Zuares mengatakan dalam sambutannya di kongres tahunan FIFA di Bangkok pada bulan Mei, “Jangan salah, IFA tidak pernah melanggar aturan yang ditetapkan oleh FIFA dan UEFA dan tidak akan pernah melakukannya di masa mendatang.”

Larangan tersebut akan berdampak langsung pada tim nasional Israel, yang akan berlaga di turnamen Nations League mendatang yang diselenggarakan oleh Persatuan Asosiasi Sepak Bola Eropa (UEFA), divisi FIFA Eropa, di mana Israel menjadi anggotanya.

Israel saat ini dijadwalkan menghadapi Belgia pada tanggal 6 September dalam pertandingan yang telah diliputi kontroversi, karena Belgia menolak menjadi tuan rumah pertandingan tersebut, dengan alasan masalah keamanan.

Pertandingan tersebut akan dimainkan di Debrecen, Hungaria.

Bergantung pada durasi larangan yang mungkin berlaku, Israel juga dapat dikeluarkan dari turnamen kualifikasi untuk Piala Dunia FIFA 2026, yang dimulai pada bulan Maret, dan dari turnamen Eropa dan global lainnya di masa mendatang.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas