Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Houthi Rilis Video Pejuangnya Bajak Kapal Tanker Sounion Israel di Laut Merah

Kelompok Houthi Yaman merilis sebuah video yang memperlihatkan para pejuang mereka membajak kapal tanker minyak Sounion di Laut Merah awal bulan ini.

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Bobby Wiratama
zoom-in Houthi Rilis Video Pejuangnya Bajak Kapal Tanker Sounion Israel di Laut Merah
AFP/ANSARULLAH MEDIA CENTRE
Houthi merilis video pada Kamis (29/8/2024) ketika pejuangnya membajak dan meledakkan kapal minyak Sounion di Laut Merah setelah menyerang kapal itu dengan rudal dan drone pada minggu lalu. Kelompok Houthi Yaman merilis sebuah video yang memperlihatkan para pejuang mereka membajak kapal tanker minyak Sounion di Laut Merah awal bulan ini. 

TRIBUNNEWS.COM - Kelompok Houthi Yaman merilis sebuah video yang memperlihatkan para pejuang mereka membajak kapal tanker minyak Sounion di Laut Merah awal bulan ini.

Video tersebut tampaknya memperlihatkan rekaman drone dari bagian luar kapal dan jalan-jalan di kokpitnya sebelum menampilkan seorang pejuang yang memegang senjata otomatis di dalamnya.

Video tersebut diakhiri dengan serangkaian ledakan di permukaan kapal tanker.




Rekaman itu tidak menunjukkan kerusakan pada inti kapal tempat minyak disimpan.

Tidak jelas kapan video itu direkam atau apakah itu akan memengaruhi upaya untuk menarik kapal guna mencegah tumpahan minyak. Sunion pertama kali diserang pada 22 Agustus dan awaknya dievakuasi pada hari yang sama.

Rekaman itu dirilis hari Kamis (29/8/2024).

Tampaknya dibagikan setelah kekhawatiran di kalangan internasional semakin meningkat gara-gara tumpahan minyak dari kapal berbendera Yunani itu.

BERITA TERKAIT

Takutnya, tumpahan minyak mentah itu dapat menyebabkan bencana lingkungan dan menimbulkan risiko bagi pelayaran di wilayah tersebut

Kapal Sounion membawa hampir satu juta barel minyak mentah.

Kelompok Houthi, yang menampilkan diri sebagai angkatan bersenjata Yaman, telah menargetkan apa yang mereka klaim sebagai kapal-kapal yang terkait dengan Israel – sebuah upaya yang mereka katakan bertujuan untuk menekan pemerintah Israel agar mengakhiri perang di Gaza, yang telah menewaskan lebih dari 40.600 warga Palestina.

Kelompok Yaman juga mulai menyerang kapal-kapal yang terkait dengan Amerika Serikat (AS) dan Inggris setelah kedua negara melancarkan kampanye militer pada bulan Januari untuk mengakhiri serangan Houthi terhadap jalur pelayaran di wilayah tersebut.

Baca juga: Houthi Akui Bajak dan Bakar Kapal Minyak Sounion dengan Kirim 2 Pejuang Bersenjata

Kebakaran

Sebelumnya pada hari Kamis, misi militer Uni Eropa di Laut Merah mengatakan bahwa “beberapa kebakaran telah terdeteksi di beberapa lokasi di dek utama kapal.”

Namun ditambahkannya bahwa kapal tersebut tetap berlabuh, yang mengonfirmasi bahwa tidak ada tumpahan minyak dari kapal tanker tersebut.

“Laut Merah bukan hanya salah satu rute laut utama untuk transportasi global, tetapi juga ekosistem laut yang unik, yang kini terancam oleh potensi polusi,” kata misi yang dijuluki Operasi Aspides tersebut dalam sebuah unggahan di media sosial.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas