Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Netanyahu Presentasi Peta Kontroversial, Tak Ada Tepi Barat, Israel Mau Caplok Palestina Seutuhnya

Israel sudah secara terbuka menyatakan kalau Tepi Barat adalah bagian dari wilayah teritorial (pendudukan) mereka, tanpa lagi memedulikan aturan

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Netanyahu Presentasi Peta Kontroversial, Tak Ada Tepi Barat, Israel Mau Caplok Palestina Seutuhnya
rntv/tangkap layar
Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu mempresentasikan peta rencana pendudukan Israel. Tak ada nama wilayah Tepi Barat di peta tersebut yang mengindikasikan kalau Israel sudah menganggap West Bank sebagai teritorial mereka, bukan wilayah Palestina. 

Netanyahu Presentasikan Peta Kontroversial, Tak Ada Nama Tepi Barat, Israel Mau Caplok Palestina Seutuhnya

TRIBUNNEWS.COM - Perdana Menteri Benjamin Netanyahu kembali membuat kontroversi.

Pernyataannya baru-baru ini terkait rencana Israel terhadap situasi konflik saat ini di Jalur Gaza dan Tepi Barat memicu berbagai reaksi di seluruh lanskap politik Israel.




Pada momen itu, Netanyahu meminta maaf kepada keluarga enam tawanan yang jasadnya ditemukan di Gaza pada akhir pekan kemarin, Senin (2/9/2024).

Baca juga: Penulis Zionis: Perbatasan Israel akan Meluas hingga Mekkah, Madinah, dan Gunung Sinai

"Pada konferensi pers itu Netanyahu lalu menyajikan peta kontroversial yang menunjukkan Pendudukan Israel di samping Gaza tetapi secara khusus tidak mencantumkan nama wilayah "Tepi Barat"," dikutip dari laporan RNTV, Selasa (3/9/2024).

Ini artinya, Israel sudah secara terbuka menyatakan kalau Tepi Barat adalah bagian dari wilayah teritorial (pendudukan) mereka, tanpa lagi memedulikan sejumlah aturan dan perjanjian internasional soal keberadaan Tepi Barat yang menjadi wilayah teritorial Palestina.

Hal ini menuai kritik yang signifikan dari berbagai kalangan internasional, khususnya mereka yang selama ini memperjuangkan solusi dua negara .

BERITA TERKAIT

Selama konferensi pers, Netanyahu bersumpah kalau Hamas akan "membayar harga yang mahal" atas tindakannya merujuk pada serangan 7 Oktober 2023 silam dan tewasnya para sandera Israel belakangan ini. Sebagai informasi, Hamas secara berulang menyatakan kalau pengeboman tanpa pandang bulu Israel lah yang menyebabkan kematian para sandera mereka.

Pada konferensi pers itu, Netanyahu juga menyoroti pentingnya secara strategis untuk mempertahankan kendali Israel atas Koridor Philadelphia, sebidang tanah sempit di sepanjang perbatasan Gaza-Mesir.

Netanyahu menggambarkan Koridor Philadelphia sebagai "jalur hidup Hamas untuk senjata."

Ia mengakui adanya perbedaan pendapat internal dalam pemerintahannya mengenai keberadaan militer yang berkelanjutan di koridor ini tetapi bersikeras bahwa hal itu penting bagi keamanan Israel.

Baca juga: Emblem Seragam Tentara IDF di Gaza Gambarkan Peta Israel Raya: Dari Yordania, Saudi, hingga Mesir

Netanyahu mempresentasikan peta rencana pendudukan Israel
Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu mempresentasikan peta rencana pendudukan Israel. Tak ada nama wilayah Tepi Barat di peta tersebut yang mengindikasikan kalau Israel sudah menganggap West Bank sebagai teritorial mereka, bukan wilayah Palestina.

Reaksi Beragam

Atas pernyataan Netanyahu, Menteri Keuangan Israel Bezalel Smotrich menyuarakan dukungan kuat untuk Netanyahu, mengadvokasi tindakan tegas terhadap musuh-musuh Israel dan menekankan perlunya melenyapkan Hamas untuk memastikan keselamatan warga Israel.

Adapun Menteri Keamanan Nasional Israel, Itamar Ben-Gvir juga mendukung Netanyahu, dengan alasan kalau sudah waktunya untuk mengintensifkan tekanan militer terhadap Hamas untuk mengamankan kemenangan yang menentukan.

Sebaliknya, mantan Menteri Pertahanan Benny Gantz mengkritik penanganan Netanyahu terhadap agresi IDF tersebut ke Gaza dan Tepi Barat.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas