Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Di Jakarta Gunakan Innova Zenix, di Papua Nugini Paus Fransiskus Naik Toyota Raize

Ketika tiba di Papua Nugini, Paus Fransiskus menaiki Toyota Raize dan duduk di baris depan kursi penumpang

Editor: Erik S
zoom-in Di Jakarta Gunakan Innova Zenix, di Papua Nugini Paus Fransiskus Naik Toyota Raize
Dok. Sky News
Paus Fransiskus menggunakan Toyota Raize saat berkunjung ke Papua Nugini 

TRIBUNNEWS.COM, PORT MORESBY-  Selama berada di Indonesia, Paus Fransiskus menggunakan Toyota Innova Zenix Hybrid.

Ketika tiba di Papua Nugini, Paus Fransiskus tidak lagi menggunakan Toyota Innova Zenix Hybrid. Paus hanya menaiki Toyota Raize.

Setelah mendarat di Bandara Internasional Jacksons, Paus Fransiskus langsung dijemput oleh rombongan. Terlihat Pemimpin Gereja Katolik Dunia itu duduk di baris depan kursi penumpang.

Baca juga: Paus Fransiskus Sapa dan Salami Warga saat Tinggalkan Kedubes Vatikan




Raize berwarna putih yang digunakan juga terlihat standar, tidak ada modifikasi apa pun. Termasuk peleknya yang berwarna silver.

Saat berkunjung ke Indonesia, Paus Fransiskus juga menggunakan Innova Zenix tanpa dilengkapi dengan bodi antipeluru.

Pelat nomor yang digunakan sama seperti ketika berkunjung ke Indonesia, yakni SCV 1, yang merupakan singkatan dari Status Civitatis Vaticanae dalam bahasa latin atau kalau diterjemahkan menjadi Negara Kota Vatikan.

Sementara rombongan mobil lainnya digunakan untuk mengawal Paus Fransiskus menggunakan Nissan Terra. Semuanya menggunakan warna putih.

BERITA TERKAIT

Raize merupakan salah satu mobil di segmen SUV ringkas yang cukup laris di pasar. Mobil ini dilengkapi head unit berukuran 9 inci, Push Start Button, Adaptable Auto AC, Power Mode, paddle shift, dan lainnya.

Soal fitur, Toyota juga membekali Raize dengan teknologi Toyota Safety Sense (TSS) untuk tipe tertinggi. Teknologi tersebut meliputi banyak fitur, seperti Lane Departure Warning, Lane Departure Prevention, Pre-Collision Warning & Pre-Collision Braking, Adaptive Cruise Control, Front Departure Alert, 6 airbag, dan lainnya.

Sedangkan untuk dapur pacu, tersedia dua pilihan mesin, yakni 1.0 L turbo dan 1.2 L non-turbo. Sistem transmisinya juga terdapat dua pilihan, transmisi manual dan CVT.

Namun, belum lama ini Raize yang diproduksi di Indonesia dites tabrak oleh Latin NCAP dan hanya mendapatkan nilai satu bintang.

Alasan gunakan Innova

Paus Fransiskus menggunakan Toyota Kijang Innova Zenix selama di Indonesia. Alasan Paus Fransiskus menggunakan mobil Kijang Innova Zenix karena merupakan kendaraan yang banyak digunakan masyarakat Indonesia.

“Benar, beliau memilih mobil yang banyak digunakan oleh masyarakat di sini, Toyota Innova,” ucap Uskup Agung Jakarta, Ignatius Kardinal Suharyo.

Paus Fransiskus saat kunjungi Indonesia, ia duduk di depan Mobil Kijang Innova Zenix samping sopir
Paus Fransiskus saat kunjungi Indonesia, ia duduk di depan Mobil Kijang Innova Zenix samping sopir (Tangkapan layar YouTube Komsos Keuskupan Agung Semarang.)

Pilihan mobil tersebut berbeda dengan kebanyakan tokoh dunia yang memilih mobil mewah selama berkunjung ke Indonesia. Hal itu menunjukkan kesederhanaan yang dimiliki Paus Fransiskus.

Profil Papua Nugini

Papua Nugini adalah bekas koloni Australia yang dulu pernah dikunjungi oleh Paus Yohanes Paulus II pada tahun 1984 dan 1995.

Negara itu secara rutin dilanda kekerasan suku dan kerusuhan berdarah pada bulan Januari menyusul protes antipemerintah terhadap pemotongan upah.

Baca juga: VIDEO Paus Fransiskus Tinggalkan Indonesia: Pesan Kesederhanaan dan Perdamaiannya Melekat

Paus Fransiskus juga dapat kembali menyerukan perlindungan lingkungan yang lebih besar di negara yang telah mencatat penggundulan hutan yang luas dalam beberapa dekade terakhir dan telah dilanda bencana alam.

Ia diharapkan fokus pada penyebaran agama Katolik melalui penginjilan dalam perjalanan satu hari ke Vanimo, sebuah kota di barat laut Papua Nugini yang berpenduduk 10.000 orang.

Pada hari Senin ia akan melakukan perjalanan ke Timor Leste dan kemudian Singapura, di mana ia akan mengakhiri perjalanan terpanjang dan terjauh dari 11 tahun kepausannya. (Kompas.com/Tribunnews)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas