Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Genderang Perang Berdentum, Josep Borrell Desak De-eskalasi Selama Kunjungan ke Lebanon

Genderang perang berdentum, Josep Borrell desak de-eskalasi selama kunjungan ke Lebanon.

Editor: Muhammad Barir
zoom-in Genderang Perang Berdentum, Josep Borrell Desak De-eskalasi Selama Kunjungan ke Lebanon
X Josep Borrell Fontelles
Kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Josep Borrell 

Genderang Perang Berdentum, Josep Borrell Desak De-eskalasi Selama Kunjungan ke Lebanon

TRIBUNNEWS.COM- Genderang perang berdentum, Josep Borrell desak de-eskalasi selama kunjungan ke Lebanon.

Ketua Parlemen Nabih Berri mengatakan kepada pejabat Uni Eropa dalam sebuah pertemuan bahwa Lebanon memiliki 'hak dan kemampuan' untuk mempertahankan diri dari Israel




Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa Josep Borrell mengadakan pembicaraan dengan beberapa pejabat pemerintah Lebanon pada 12 September dan mendesak “de-eskalasi” di sepanjang perbatasan selatan Lebanon, satu hari setelah kedatangannya di negara itu.

“Sejak terakhir kali saya mengunjungi Lebanon pada bulan Januari, genderang perang belum berhenti berdenting,” kata Borrell dalam konferensi pers bersama Menteri Luar Negeri Lebanon Abdullah Bou Habib, seraya menambahkan bahwa perang habis-habisan “belum terjadi [saat ini] … Itu berita baik.”

“Kita perlu meredakan ketegangan militer,” pejabat Uni Eropa menambahkan, sambil menyerukan “semua pihak untuk menempuh jalan ini.”

“Kita harus terus mendorong terciptanya perdamaian yang menyeluruh di kawasan ini,” kata Borrell, yang menyerukan penerapan Resolusi 1701, dan bahwa resolusi ini.

BERITA TERKAIT


“harus membuka jalan bagi penyelesaian yang menyeluruh, termasuk penetapan batas wilayah darat.”

Perbatasan Lebanon sudah ditetapkan, namun Israel secara ilegal menduduki sebagian besar wilayah negara itu.

Resolusi 1701, yang dirancang pada akhir perang tahun 2006 antara Israel dan Hizbullah, menyerukan agar perlawanan Lebanon mundur ke belakang Sungai Litani.

Israel tidak pernah menarik diri dari wilayah yang diduduki dan terus merambah wilayah Lebanon pada tahun-tahun setelah 2006, yang memaksa Hizbullah untuk akhirnya membangun kembali kehadiran yang lebih kuat di sepanjang perbatasan.

Sejak dimulainya perang di Gaza, AS telah mengusulkan inisiatif de-eskalasi yang menyerukan Hizbullah untuk menarik diri dari perbatasan tetapi tidak menuntut konsesi serupa dari Israel.

Borrell menambahkan selama konferensi pers bahwa UE mengerahkan semua upaya diplomatiknya untuk menghindari eskalasi, tetapi mengatakan, “Saya tidak punya tongkat ajaib.”

Saat mengunjungi Lebanon, Borrell juga bertemu dengan Perdana Menteri Najib Mikati, Ketua Parlemen Nabih Berri, dan Panglima Angkatan Darat Joseph Aoun.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas