Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Disebut Israel Sudah Hancur, Brigade Rafah Al Qassam Hantam Unit IDF Pakai Roket TBG Hingga Tewas

Al-Qassam mengatakan, para pejuangnya menyerang unit Israel yang berlindung di sebuah rumah di sebelah timur lingkungan Al-Tanour dengan rudal

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Disebut Israel Sudah Hancur, Brigade Rafah Al Qassam Hantam Unit IDF Pakai Roket TBG Hingga Tewas
khaberni/HO
Ledakan roket antipersonel menghantam pasukan Israel (IDF) yang beroperasi di Rafah, Gaza Selatan, Jumat (20/9/2024). IDF sebelumnya sesumbar telah menghancurkan empat batalion Brigade Rafah Al Qassam, sayap militer Hamas di wilayah tersebut. 

Disebut Sudah Hancur Oleh Israel, Brigade Rafah Al Qassam Hantam IDF Pakai Roket TBG Antipersonel

TRIBUNNEWS.COM - Brigade Rafah Al-Qassam, sayap militer Hamas, pada Jumat (20/9/2024) menyatakan serangan mereka menghasilkan terbunuhnya beberapa tentara Israel (IDF) tewas dan terluka setelah menjadi sasaran rudal dan peluru antipersonel di sebuah rumah di Rafah, Jalur Gaza selatan.

Dalam pernyataan singkatnya, Brigade Al-Qassam mengatakan, para pejuangnya berhasil menyerang unit Israel yang berlindung di sebuah rumah di sebelah timur lingkungan Al-Tanour dengan rudal antibenteng TBG dan peluru antipersonel, yang mengakibatkan jatuhnya korban jiwa di antara para prajurit IDF.

Baca juga: Sergapan Al Qassam Tewaskan 4 IDF Termasuk Wanita Tentara Saat Israel Klaim 4 Batalyon Hamas Hancur

Kelompok tersebut menambahkan bahwa para pejuangnya telah melihat helikopter mendarat untuk mengevakuasi yang terluka dan yang tewas.

Sebelumnya, brigade tersebut mencatat bahwa para pejuangnya terlibat dalam bentrokan hebat dengan pasukan Israel yang bergerak maju di bagian timur Rafah.

Tidak ada komentar langsung dari tentara Israel mengenai pernyataan Al-Qassam.

Namun sebelumnya, sejumlah petinggi IDF menyatakan sudah menghancurkan empat batalion Brigade Rafah Al Qassam dalam beberapa bulan operasi militer mereka di wilayah tersebut.

BERITA TERKAIT

Menteri Pertahanan Israel, YOav Gallant bahkan menyatakan kalau Hamas sudah tidak memiliki kekuatan tempur di Rafah dan kini fokus perang mereka bergeser ke utara untuk memerangi Hizbullah Lebanon.

Baca juga: Hamas Sudah Selesai, Pejabat AS: Militer Israel Putuskan Mulai Perang Besar Lawan Hizbullah

Israel memulai serangan militer di Rafah pada tanggal 6 Mei, mengambil alih penyeberangan Rafah meskipun ada peringatan internasional tentang potensi bencana kemanusiaan yang akan ditimbulkannya.

Serangan militer yang sedang berlangsung telah menggusur ratusan ribu warga Palestina dari Rafah, sebuah kota yang sebelumnya berpenduduk sekitar 1,5 juta jiwa, termasuk sekitar 1,4 juta orang yang mengungsi di dalam negeri.

Israel terus melancarkan serangan brutal di Gaza setelah serangan lintas batas oleh kelompok Palestina Hamas pada 7 Oktober tahun lalu, meskipun ada resolusi Dewan Keamanan PBB yang menyerukan gencatan senjata segera.

Hampir 41.300 orang, sebagian besar wanita dan anak-anak, telah tewas sejak saat itu dan lebih dari 95.500 orang terluka, menurut otoritas kesehatan setempat.

Serangan Israel telah menggusur hampir seluruh penduduk wilayah tersebut di tengah blokade yang sedang berlangsung yang telah menyebabkan kekurangan makanan, air bersih, dan obat-obatan yang parah.

Israel menghadapi tuduhan genosida di Mahkamah Internasional atas tindakannya di Gaza.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas