Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Korban Serangan Udara, Hampir 200 Orang Tewas dalam Hitungan Jam, Israel Perluas Serangan ke Lebanon

Hampir 200 orang tewas dalam hitungan jam saat Israel memperluas serangan ke Lebanon.

Editor: Muhammad Barir
zoom-in Korban Serangan Udara, Hampir 200 Orang Tewas dalam Hitungan Jam, Israel Perluas Serangan ke Lebanon
via Al Mayadeen
Bangunan runtuh akibat serangan udara Israel di Beirut, Lebanon, Jumat 20 September 2024 

Hampir 200 Orang Tewas dalam Hitungan Jam saat Israel Perluas Serangan ke Lebanon

TRIBUNNEWS.COM- Hampir 200 orang tewas dalam hitungan jam saat Israel memperluas serangan ke Lebanon.

Beberapa rumah warga sipil telah diserang oleh pesawat tempur Israel selama beberapa jam terakhir.

Lebih dari 180 orang tewas dalam gelombang serangan udara Israel yang menargetkan Lebanon selatan dan timur pada tanggal 23 September. 

"Serangan ini telah mengakibatkan, hingga dikeluarkannya pernyataan ini, 182 orang menjadi martir dan 727 orang terluka, termasuk anak-anak, wanita, dan paramedis di antara para martir dan yang terluka," kata Pusat Operasi Darurat Kementerian Kesehatan Lebanon pada Senin sore. Jumlah korban diperkirakan akan terus bertambah.

Serangan udara Israel juga menargetkan wilayah Bekaa di Lebanon timur. Ratusan serangan telah terjadi dalam beberapa jam terakhir. 

Beberapa rumah warga sipil telah menjadi sasaran dan dihancurkan di beberapa desa, termasuk Sohmor di Bekaa dan beberapa daerah di selatan, Kantor Berita Nasional Lebanon (NNA) melaporkan. 

BERITA TERKAIT

“Israel terus mengintensifkan serangannya di semua wilayah, lembah, dan pinggiran kota di sektor barat [Lebanon selatan],” kata NNA. 

Media militer Hizbullah mengumumkan pada hari Senin, saat serangan udara sedang berlangsung, bahwa para pejuangnya menargetkan "markas cadangan Korps Utara, pangkalan cadangan Divisi Galilea dan gudang logistiknya di pangkalan Amiad, dan kompleks industri militer Perusahaan Rafael di wilayah Zevulun di utara Haifa dengan puluhan roket."

Tentara Israel mengirim pesan teks kepada warga Lebanon di Lebanon selatan dan Bekaa pada tanggal 23 September, memberi tahu mereka untuk “menjauh” dari lokasi Hizbullah.

Pesan tersebut datang saat Israel melancarkan serangan udara brutal dan membabi buta di Lebanon selatan dan Bekaa pada Senin pagi.


Sasarannya meliputi Aitaroun, Maroun al-Ras, pinggiran Al-Bissariyeh, daerah antara Roumine dan Deir al-Zahrani, Baflieh, daerah antara Anqoun dan Maghdouche, Houla, Majdal Selm, Al-Sultaniyeh, daerah antara Haboush dan Kfarreman, Toura, Aita al-Shaab, Braashit, Harith, daerah antara Deir Qanoun dan Halousiyeh, Khiam, Jibchit, dan daerah antara Ansar dan Al-Zarariyeh.

"Angkatan Udara akan melancarkan serangan besar-besaran dan dahsyat di seluruh Lebanon pada sore hari," kata sumber keamanan Israel kepada Yedioth Ahronoth pada hari Senin. 

Hizbullah menyerang jauh di dalam wilayah Israel pada tanggal 22 September dini hari, menargetkan pangkalan udara Ramat David dan lokasi industri militer Rafael di wilayah Haifa. Serangan terhadap Rafael diumumkan sebagai respons "awal" terhadap serangan teror Israel terhadap Lebanon minggu lalu, yang melibatkan peledakan ribuan perangkat komunikasi di seluruh negeri. 

Operasi tersebut adalah serangan terdalam Hizbullah ke Israel sejak perang tahun 2006.

Israel membunuh dua komandan tinggi Hizbullah dan beberapa pejuang dalam serangan di Beirut pada 20 September, yang menewaskan beberapa warga sipil, termasuk wanita dan anak-anak. 

SUMBER: THE CRADLE

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas