Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Afrika Selatan Akan Bawa Bukti Baru Genosida Israel di Gaza ke Pengadilan ICJ

Serangan Israel juga menyebabkan 68 persen jaringan jalan hancur dan hancurnya 68 persen lahan pertanian di Gaza.

Penulis: Choirul Arifin
zoom-in Afrika Selatan Akan Bawa Bukti Baru Genosida Israel di Gaza ke Pengadilan ICJ
Anadolu Agency/Middle East Monitor
Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa. 

 

TRIBUNNEWS.COM - Afrika Selatan akan menyodorkan bukti-bukti baru tindakan genosida oleh Israel di Gaza ke Mahkamah Internasional (ICJ).

Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa dalam sebuah pernyataan pada peringatan pertama perang genosida Israel di Gaza, Selasa, 7 Oktober 2024 kemarin mengatakan memorandum yang akan diserahkan negaranya bulan ini berisi “bukti rinci” yang membuktikan bahwa Israel melakukan genosida terhadap warga Palestina di Gaza.

Dia meminta Israel menerapkan tindakan sementara yang dikeluarkan oleh pengadilan pada bulan Januari, Maret dan Mei.

Afrika Selatan mengajukan gugatan terhadap Israel ke Pengadilan Dunia pada Desember 2023 dengan alasan melanggar Konvensi PBB tentang Pencegahan Genosida tahun 1948.

Selama setahun terakhir, 42.000 warga Palestina telah terbunuh dalam kampanye pemboman Israel di daerah kantong tersebut, sementara 90 persen penduduk Gaza telah mengungsi, bahkan ada yang mencapai sepuluh kali lipat.

Para ahli yakin jumlah kematian sebenarnya bisa empat kali lebih tinggi dari yang diumumkan Kementerian Kesehatan di Gaza.

BERITA REKOMENDASI

 

Serangan Israel di Gaza dimulai pada tanggal 7 Oktober, sebagai tanggapan atas serangan pejuang bersenjata dari Brigade Qassam, sayap bersenjata Hamas dan kelompok Palestina lainnya.

Sekitar 1.140 orang tewas dalam serangan itu dan sekitar 240 orang dibawa ke Gaza sebagai tawanan.

Sebagai tanggapan, Israel memulai kampanye pengeboman yang kejam dan memperketat pengepungan yang telah dilakukan terhadap Gaza sejak tahun 2007.

Baca juga: Peringati 1 Tahun Serangan Hamas 7 Oktober, Ali Khamenei Kirim Pesan dalam Bahasa Ibrani ke Israel

Selama setahun terakhir, serangan Israel telah menewaskan sedikitnya 41.615 warga Palestina yang tinggal di Gaza, setara dengan 1 dari setiap 55 orang yang tinggal di sana.

Setidaknya 16.756 anak telah terbunuh, jumlah tertinggi anak-anak yang tercatat dalam satu tahun konflik selama dua dekade terakhir. Lebih dari 17.000 anak kehilangan salah satu atau kedua orang tuanya.

Israel Hancurkan 68 Persen Jalan dan Lahan Pertanian Gaza

Menurut data terbaru dari Kantor Koordinasi Urusan Kemanusiaan PBB, Organisasi Kesehatan Dunia, dan pemerintah Palestina per 6 Oktober, serangan Israel telah merusak lebih dari 50 persen rumah di Gaza (rusak atau hancur.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas