Tribun Kesehatan
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Studi Terbaru Sebut Tahun 2040 Usia Harapan Hidup Orang Indonesia Capai 76,7 Tahun

Studi yang diterbitkan The Lancet, memproyeksikan peningkatan yang signifikan dari kematian yang disebabkan oleh penyakit-penyakit tidak menular

Studi Terbaru Sebut Tahun 2040 Usia Harapan Hidup Orang Indonesia Capai  76,7 Tahun
usia harapan hidup 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sebuah studi terbaru yang memprakirakan kondisi dan berbagai skenario alternatif tentang usia harapan hidup dan penyebab utama kematian di tahun 2040, memperlihatkan bahwa seluruh negara agaknya akan mencatat penambahan usia harapan hidup sedikit lebih lama.

Namun, satu skenario yang lain menemukan bahwa hampir separuhnya akan dihadapkan pada angka harapan hidup yang lebih rendah.

Peringkat negara-negara tersebut ditinjau dari usia harapan hidup menyajikan pemahaman baru tentang status kesehatan mereka.

Indonesia, dengan rerata usia harapan hidup 71,7 tahun di 2016, menempati peringkat ke-117 dari 195 negara.

Dan, jika tren ini mampu dipertahankan, Indonesia akan bisa menempati peringkat ke-100 di tahun 2040 dengan rerata usia harapan hidup 76,7 tahun yang berarti akan ada penambahan 5,1 tahun.

Usia harapan hidup di Indonesia bisa bertambah hingga 8,4 tahun menurut skenario ‘lebih baik’ atau sedikitnya 1,8 tahun mengacu pada skenario ‘lebih buruk’.

Baca: Baru Berusia 15 Tahun, Remaja Wanita Ini Sudah Berbobot Tubuh 179 Kg

Perbedaan yang kontras jika dibandingkan dengan Amerika Serikat, yang pada tahun 2016 berada di peringkat ke-43 dengan rata-rata harapan hidup hingga usia 78,7 tahun.

Di tahun 2040, usia harapan hidup diperkirakan akan bertambah 1,1 tahun menjadi 79,8 tahun, namun turun ke peringkat 64.

Sedangkan Cina,  mencatat usia harapan hidup 76,3 tahun di 2016 dan diharapkan akan bertambah menjadi 81,9 serta naik dari peringkat ke-68 di tahun 2016 menjadi peringkat ke-39 di tahun 2040.

Studi yang diterbitkan hari ini dalam jurnal medis internasional The Lancet, memproyeksikan adanya peningkatan yang signifikan dari kematian yang disebabkan oleh penyakit-penyakit tidak menular, termasuk diabetes, gangguan paru kronik obstruktif (COPD), penyakit ginjal kronis, kanker paru-paru, juga penyakit-penyakit yang berhubungan dengan obesitas.

Halaman
12
Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Eko Sutriyanto
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas