Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

Bunda Bingung Memilih Makanan Pendamping ASI untuk si Kecil? Yuk Ikuti Panduan dari Ahli Gizi

Makanan Pendamping ASI (MPASI) memang pentingbagi balita untuk menyukupi kebutuhan gizi. Tapi, makanan seperti apa yang dibutuhkan balita?

Editor: Anita K Wardhani
zoom-in Bunda Bingung Memilih Makanan Pendamping ASI untuk si Kecil? Yuk Ikuti Panduan dari Ahli Gizi
Tribun Jateng/Tribun Jateng/Hermawan Handaka
MON AND KIDS - Makanan Pendamping Asi Untuk memberikan tambahan makanan pada anak atau makanan pengganti asi hendaknya umur bayi kurang lebih 6 bulan, karena pada usia ini sistem pencernaannya seharusnya sudah cukup matang untuk mencerna makanan padat selain asi dengan baik. Beberapa organisasi profesi memang membolehkan bayi usia 4-6. Hendaknya makanan yang dipilih harus lembut dan memenuhi nilai gizi seperti wortel, bayam dan ayam yang sudah di belender. Model : Rida Yuda Septiani (Ibu) dan Marmoko Tribun Jateng/Hermawan Handaka 

TRIBUNNEWS.COM - Makanan Pendamping ASI (MPASI) memang pentingbagi balita untuk menyukupi kebutuhan gizi.

Tapi, makanan seperti apa yang dibutuhkan balita?

Ahli Gizi dan dosen Ilmu Kesehatan Masyarakat UGM, Lastdes Cristiany Friday, S.Gz, MPH saat ditemui Tribunjogja.com, Rabu (16/1/2019), membagikan beberapa tips bagi ibu-ibu muda saat memilih makanan pendamping ASI yang baik bagi anak.

1. Makanan apa yang baik untuk balita?

Lastdes mengatakan tidak ada ilmu pasti untuk menyatakan makanan tertentu baik untuk anak.

"Mungkin ada yang bilang kalau brokoli itu super atau kale itu super. Saya sebagai ahli gizi mengatakan tidak seperti itu," ungkapnya.

Menurutnya, yang terpenting adalah gizi seimbang.

BERITA TERKAIT

2. Memilih susu formula

Dijelaskan pula oleh Lastdes jika anak tidak suka minum susu, itu bukanlah sebuah masalah dan orangtua tak perlu memaksakan anaknya minum susu formula.

Lastdes mengatakan, "Setelah menyapih, ibu-ibu mungkin galau nanti anaknya mau diberi susu formula apa? Saya perlu luruskan, setelah menyapih, tidak harus diberi susu formula, karena tidak masalah meski tak minum susu formula. Pedomannya adalah gizi seimbang."

Co-founder sekaligus Ahli Gizi Omo Healthy Snack, Lastdes Cristiany Friday, S.Gz, MPH
Co-founder sekaligus Ahli Gizi Omo Healthy Snack, Lastdes Cristiany Friday, S.Gz, MPH (Tribunjogja.com/Fatimah Artayu Fitrazana)

3. Tekstur makanan

Selain kebutuhan gizi anak terpenuhi, tekstur makanan juga harus disesuaikan dengan pertumbuhan anak.

"Kalau anak masih tujuh bulan, tapi sudah diberi sayur asem 'kan sulit juga dicerna. Kita bisa menggunakan bahan makanan yang bermacam-macam, misalnya jagung, labu, wortel, tapi dengan tekstur yang lunak," terangnya.

4. Kombinasikan menu

Lastdes menjalaskan, "Tidak ada makanan yang saya sangat anjurkan. Saya hanya akan bilang makanan itu nutrisinya tinggi. Tapi, bukan berarti harus makan itu terus, perlu mengenal makanan yang lain juga."

(Tribun Jogja/ Fatimah Artayu Fitrazana)

Sumber: Tribun Jogja
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas