Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

Belajar dari Kasus Henti Jantung Didi Kempot, Bagaimana Pertolongan Pertama untuk yang Mengalaminya?

Maestro campur sari Didi Kempot meninggal dunia, Selasa (5/5/2020) di RS Kasih Ibu, Solo, jawa Tengah.

Editor: Willem Jonata
zoom-in Belajar dari Kasus Henti Jantung Didi Kempot, Bagaimana Pertolongan Pertama untuk yang Mengalaminya?
kutv.com
Ilustrasi jantung sehat. 

TRIBUNNEWS.COM - Maestro campur sari Didi Kempot meninggal dunia, Selasa (5/5/2020) di RS Kasih Ibu, Solo, jawa Tengah. 

Keluarga dan banyak orang lainnya terkejut. Sebab, Didi Kempot selama ini diketahui tidak memiliki riwayat penyakit berat.

Dilansir dari berbagai sumber, Didi Kempot dilarikan ke rumah sakit pada pagi hari dalam kondisi tak sadarkan diri.

Setelah dilakukan upaya resusitasi jantung dan paru (RJP) selama kurang lebih 20 menit, penyanyi asal Solo ini dinyatakan tidak bisa lagi tertolong.

Baca: Manfaat Terapi Musik untuk Kesehatan Mental

Baca: Ungkapan Kesedihan Yan Vellia sebagai Istri dan Percakapan Terakhirnya di SMS dengan Didi Kempot

Baca: Didi Kempot Meninggal Dunia, Perasaan Yuni Shara Campur Aduk Antara Sedih dan Merasa ''Dibohongi''

Menurut pihak rumah sakit yang merawat, musisi bernama asli Dionisius Prasetyo ini masuk rumah sakit dalam keadaan henti jantung.

Penyanyi Didi Kempot saat tampil dalam Festival Berdendang Bergoyang di Kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (1/2/2020). Didi Kempot sukses membuat penonton yang kebanyakan anak muda bergoyang dan bernyanyi bersama. TRIBUNNEWS/HERUDIN
Penyanyi Didi Kempot saat tampil dalam Festival Berdendang Bergoyang di Kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (1/2/2020). Didi Kempot sukses membuat penonton yang kebanyakan anak muda bergoyang dan bernyanyi bersama. TRIBUNNEWS/HERUDIN (TRIBUNNEWS/HERUDIN)
BERITA REKOMENDASI

Henti jantung mendadak atau sudden cardiac arrest adalah kondisi berhentinya fungsi jantung secara tiba-tiba yang disertai dengan henti napas dan hilangnya kesadaran.

Henti jantung adalah penyebab kematian mendadak yang cukup sering terjadi.

Baca: Mengatasi Bau Mulut Saat Jalani Ibadah Puasa

Jantung orang yang mengalami kondisi ini, akan secara tiba-tiba berhenti berfungsi, sesak napas, dan langsung mengakibatkan kehilangan kesadaran.

Keluarga dan kerabat berdoa di makam Didi Kempot di pemakaman umum Desa Majasem, Kecamatan Kendal, Ngawi, Jatim, Selasa (5/5/2020). Musisi yang bernama asli Donisius Prasetyo tersebut meninggal pada hari ini di Rumah Sakit Kasih Ibu Surakarta akibat sakit. TRIBUNNEWS/HUSEIN SANUSI
Keluarga dan kerabat berdoa di makam Didi Kempot di pemakaman umum Desa Majasem, Kecamatan Kendal, Ngawi, Jatim, Selasa (5/5/2020). Musisi yang bernama asli Donisius Prasetyo tersebut meninggal pada hari ini di Rumah Sakit Kasih Ibu Surakarta akibat sakit. TRIBUNNEWS/HUSEIN SANUSI (TRIBUN/HUSEIN SANUSI)

Kondisi ini biasanya disebabkan oleh gangguan elektrik jantung yang membuat jantung tidak lagi bisa memompa darah dari dan ke seluruh tubuh.

Pada kondisi normal, sistem elektrik inilah yang mengatur irama dan detak jantung.

Henti jantung bisa terjadi pada orang yang tidak memiliki riwayat penyakit jantung. Didi Kempot sendiri, menurut keluarga tidak memiliki riwayat penyakit apapun.

Perlu diketahui, henti jantung berbeda dari serangan jantung. Serangan jantung terjadi apabila ada suplai darah ke otot jantung berhenti.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas