Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

Gak Bisa ke Dokter Saat Sakit Gigi Kala Pandemi Corona, Kumur Air Garam Jadi Pertolongan Pertama

Dokter menyarankan bagi masyarakat yang merasa giginya sakit untuk melakukan konsultasi dulu dengan dokter secara online untuk mendapat obat pereda sa

Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Anita K Wardhani
zoom-in Gak Bisa ke Dokter Saat Sakit Gigi Kala Pandemi Corona, Kumur Air Garam Jadi Pertolongan Pertama
Obat kumur 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Di masa pandemi virus corona (covid-19) ini, dalam rangka mengantisipasi penularan virus corona dokter gigi hanya melayani treatment yang benar-benar emergensi.

Dokter menyarankan bagi masyarakat yang merasa giginya sakit untuk melakukan konsultasi dulu dengan dokter secara online untuk mendapat obat pereda sakit.

"Nanti dari konsultasi online tersebut kita lihat urgencynya, kalau tidak urgency butuh obat bisa secara online, tapi kalau gusi berdarh, gigi patah, sakit gigi sampai tidak bisa tidur harus segera tindakan," kata drg. Anggi Pratiwi, Kamis (14/5/2020).

Sebagai pertolongan pertama saat gigi mulai terasa sakit bisa memanfaatkan obat-obatan alami yang ada di rumah yakni kumur dengan air garam.

Garan memiliki kandungan asam yang bisa menetralkan kuman-kuman jahat yang menempel pada gigi yang memancing timbulnya rasa sakit.

Baca: Curhat Pilu Ibu Positif Virus Corona Lahirkan Bayi Negatif Covid-19. Sedih Terpaksa Membuang ASI

Baca: Mulut Kering Saat Puasa Picu Bau, Ini Penjelasan Dokter Gigi

Simak cara mengobati sakit gigi yang cepat dan mudah, tanpa perlu ke dokter gigi.
Simak cara mengobati sakit gigi yang cepat dan mudah, tanpa perlu ke dokter gigi. (sunnybrook-dental.com)

"Coba diredakan dulu sakitnya dengan kumur air garam itu terbukti mengurangi sakit gigi loh. Itu dia bisa menetralkan karena bersifat basa dan asam garam bisa membunuh kuman jahat," ungkap drg. Anggi.

Kemudian selama di rumah saja tetap sikat gigi sebanyak dua kali sehari, dan bisa bantu dengan menggunakan dental floss dan bersihkan bagian lidah.

BERITA TERKAIT

"Banyak minum air putih kurangi makanan manis pas banget lagi puasa bisa sekalian ngurangin makanan manisnya," ungkap drg. Anggi.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas