Tribun Kesehatan

Jadi Pemicu Kematian Tertinggi, PERKI Banten Tulis Buku 70 Mitos dan Hoax Seputar Penyakit Jantung

Berkembangnya hoax atau informasi palsu dan mitos di masyarakat ikut membuat orang semakin takut jika mendengar penyakit jantung ini

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Eko Sutriyanto
Jadi Pemicu Kematian Tertinggi, PERKI Banten Tulis Buku 70 Mitos dan Hoax Seputar Penyakit Jantung
IST
Konferensi pers The 20th Annual Progress in Cardiovascular Disease (APICD) 2021 yang diselenggarakan Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI) Banten di Mega Kuningan, Jakarta, Sabtu (6/11/2021). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Choirul Arifin 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ancaman penyakit jantung perlu diwaspadai sejak dini dan dicegah dengan gaya hidup lebih sehat, lantaran hingga saat ini penyakit ini masih menjadi penyebab kematian di dunia, bahkan di Indonesia.

Ahli penyakit jantung Dr. Eko Saputra MBiomed SpJP membenarkan, penyakit jantung sampai saat ini masih menjadi penyebab tertinggi angka kematian di dunia termasuk di Indonesia.

"Hal ini menyebabkan penyakit jantung menjadi momok di masyarakat sehingga saat mendengar penyakit jantung maka bayangan pertama yang terlintas adalah kematian," ujar dr Eko Saputro dalam konferensi pers The 20th Annual Progress in Cardiovascular Disease (APICD) 2021 yang diselenggarakan Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI) Banten di Mega Kuningan, Jakarta, Sabtu (6/11/2021).

Berkembangnya hoax atau informasi palsu dan mitos di masyarakat ikut membuat orang semakin takut jika mendengar penyakit jantung ini.

Ketua PERKI Banten dr Roy Christian SpJP FIHA menambahkan, penderita penyakit kardiovaskular masih tinggi di Indonesia. Hal itu mendorong para praktisi kesehatan merangkum beberapa hal yang berkaitan dengan penyakit jantung.

Baca juga: Jangan Dianggap Sepele, Diare Bisa Jadi Tanda Munculnya Penyakit Lain

"Kardiovaskular ini masih juara angka kesakitan dan kematian. sehingga untuk masyarakat kami persembahkan buku 70 mitos dan fakta mengenai penyakit jantung," kata dr Roy.

Buku ini diharapan bisa digunakan untuk menangkal atau mengklarifikasi informasi hoax atau mitos tersebut.

Buku berjudul 70 Mitos atau Fakta Seputar Penyakit Jantung ini ditulis oleh 70 dokter dokter spesialis jantung yang bergabung di organisasi PERKI BANTEN.

Ada 70 materi yang dikupas secara tuntas dalam buku ini. Antara lain, apakah durian dapat menaikkan tekanan darah, ketumbar dapat menurunkan kolesterol, minum obat jantung menyebabkan kerusakan ginjal dan lain-lain.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas