Tribun Kesehatan

Ini Tips Jaga Pola Makan untuk Ibu Hamil Penderita Diabetes

Ibu hamil tentu harus lebih berhati-hati dalam menjaga kesehatannya, karena kondisi tubuhnya dapat berpengaruh pula pada perkembangan janin.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Wahyu Aji
Ini Tips Jaga Pola Makan untuk Ibu Hamil Penderita Diabetes
Tribun Batam/Argianto DA Nugroho
ILUSTRASI Seorang ibu hamil menjalani vaksinasi Covid-19 di Rumah Sakit Bunda Halimah, Kota Batam, Kepulauan Riau, Kamis (9/9/2021). 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ibu hamil tentu harus lebih berhati-hati dalam menjaga kesehatannya, karena kondisi tubuhnya dapat berpengaruh pula pada perkembangan janin yang dikandungnya.

Setiap ibu hamil memiliki kondisi yang tentu tidak sama antara satu dengan lainnya.

Ada ibu hamil yang tampak sehat dan tidak menederita penyakit serius, namun ada pula kondisi khusus yang membuatnya harus lebih berhati-hati dalam menjaga kehamilannya, termasuk ibu hamil penderita diabetes.

Lalu apa yang harus dilakukan ibu hamil yang telah menderita diabetes, agar bisa mengendalikan kadar gula darah dalam menjalani masa kehamilannya?

Dokter Spesialis Penyakit Dalam di Rumah Sakit Islam Jakarta (RSIJ) Cempaka Putih, dr. Sharifah Shakinah, Sp.PD., mengatakan bahwa pola makan yang sehat tentu menjadi hal yang paling penting bagi ibu hamil dengan diabetes, baik itu diabetes melitus tipe 2 maupun diabetes melitus gestasional.

Mengatur pola makan tentu akan memudahkan penderita untuk mengendalikan kadar gulanya.

"Memang nomor satu, baik itu pada (penderita) diabetes melitus tipe 2 ataupun pada diabetes melitus gestasional, yang pertama adalah pola makan. Karena kalau kita tidak memulai dari pola makan, tentu kontrolnya akan sangat sulit," ujar dr. Sharifah, dalam talkshow live Instagram RSIJ Cempaka Putih, Selasa (23/11/2021).

Baca juga: Hati-hati, Gejala Prediabetes Ini Tak Boleh Disepelekan

Lalu kontrol pola makan seperti apa yang harus dilakukan ?

Ia menyebut para ibu hamil penderita diabetes wajib mengurangi konsumsi gula.

Halaman
123
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas