Tribun Kesehatan

Kasus Stunting Indonesia Masih di Atas Batas WHO, Bidan dan Para Ibu Berkolaborasi Memeranginya  

Kasus stunting di Indonesia masih berada di atas batas yang ditetapkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), yaitu 20 persen

Penulis: Anita K Wardhani
Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in Kasus Stunting Indonesia Masih di Atas Batas WHO, Bidan dan Para Ibu Berkolaborasi Memeranginya  
HO
Dexa Medica menandatangani MoU kerja sama dengan BKKBN dan meluncurkan program Pendampingan Bidan Pendamping Keluarga pada Seribu Hari Pertama Kehidupan pada 11 September 2022 di Sahid Raya Hotel & Convention Yogyakarta.   

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Anita Kusuma Wardani

TRIBUNNEWS.COM, YOGYAKARTA  –  Kasus stunting masih jadi perhatian, meski cenderung menurun dalam beberapa tahun terakhir.

Tercatat pada 2021 lalu, Studi Status Gizi Indonesia (SSGI) Kementerian Kesehatan kasus prevalensi stunting di Indonesia baru mencapai 24,4 persen.

Ini artinya kasus stunting di Indonesia masih berada di atas batas yang ditetapkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), yaitu 20 persen.

Diketahui, stunting merupakan kondisi ketika balita memiliki tinggi badan di bawah rata-rata akibat  asupan gizi yang didapatkan dalam waktu panjang tidak sesuai dengan kebutuhan mereka.

Masalah ini tidak bisa dianggap sebelah mata sebab berpotensi memperlambat perkembangan otak anak dan meningkatkan risiko penyakit kronis di kemudian hari, seperti obesitas, diabetes, dan hipertensi.

Baca juga: Mom, Protein Hewani Bisa Jadi Senjata Ampuh Perangi Stunting Loh!

Masalah stunting dapat perhatian khusus Presiden RI Joko Widodo.

Presiden Jokowi  mengharapkan kasus stunting di Indonesia dapat terus turun dan menargetkan akan menyentuh angka 14 persen pada tahun 2024.

Demi mewujudkan hal tersebut, aplikasi Teman Bumil, Dexa Group, dan Argon Group turut berkontribusi dalam Program Percepatan Penurunan Stunting.

Salah satu kegiatan yang dilakukan oleh Dexa Medica ialah menandatangani MoU kerja sama dengan BKKBN dan meluncurkan program Pendampingan Bidan Pendamping Keluarga pada Seribu Hari Pertama Kehidupan pada 11 September 2022 di Sahid Raya Hotel & Convention Yogyakarta.

Halaman
123
Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas