Tribun Kesehatan

Musim Pancaroba Datang, Simak Kiat Menjaga Daya Tahan Tubuh Berikut Ini!

Perubahan cuaca memang tidak bisa dihindari, tetapi bisa diantisipasi dengan berbagai kebiasaan baik agar daya tahan tubuh tetap terjaga.

Editor: Content Writer
zoom-in Musim Pancaroba Datang, Simak Kiat Menjaga Daya Tahan Tubuh Berikut Ini!
Shopee, Novell Official Shop
Konsumsi suplemen merupakan hal penting bagi kesehatan keluarga, karena belum tentu makanan sehari-hari dapat memenuhi kebutuhan gizi secara optimal. 

TRIBUNNEWS.COM - Batuk, pilek, dan demam adalah salah satu dari beberapa penyakit yang sering dialami ketika musim pancaroba datang. Keluhan terhadap penyakit-penyakit ini sering kali muncul terutama pada saat masa peralihan dari musim kemarau ke musim pancaroba.

Peralihan musim seperti ini umum terjadi tiap tahunnya dan secara otomatis, hal ini akan berpengaruh terhadap reaksi tubuh kita. Tubuh akan berusaha keras untuk beradaptasi dengan temperatur sekitarnya. Di saat itulah daya tahan pun menjadi berkurang dan tubuh menjadi sakit.

Perubahan cuaca memang tidak bisa dihindari, tetapi tetap bisa diantisipasi dengan berbagai kebiasaan baik agar daya tahan tubuh tetap terjaga dan tidak mudah sakit. Misalnya dengan melakukan hal-hal seperti berikut:

1. Mengonsumsi Makanan Bergizi dengan Porsi Seimbang

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan saat menjaga daya tahan tubuh adalah mengonsumsi makanan bergizi dengan porsi seimbang.

Setiap orang butuh asupan gizi berbeda-beda tergantung dari jenis kelamin, usia, aktivitas, dan kondisi khusus lainnya (misalnya saat hamil, menyusui, atau sakit).

Jadi, pastikan bahwa kamu sekeluarga selalu menyantap makanan bergizi dengan porsi seimbang untuk menjaga daya tahan tubuh secara alami. Berusahalah membatasi konsumsi makanan yang kalorinya berlebihan (kandungan lemak dan gulanya tinggi) atau mengandung zat aditif.

2. Melakukan Aktivitas Olahraga Secara Teratur

Nyatanya makanan bergizi saja belum cukup untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Kamu sekeluarga juga wajib berolahraga secara rutin agar tubuh tetap sehat. Cobalah memilih jenis olahraga yang disukai seluruh anggota keluarga, misalnya jogging, bersepeda, atau olahraga permainan seperti bulutangkis.

Siapkan waktu berolahraga minimal 3 kali seminggu sehingga kamu sekeluarga terbiasa dengan aktivitas penting yang satu ini.

3. Siapkan Waktu Tidur yang Cukup

Daya tahan tubuh juga sangat berkaitan dengan waktu tidur yang cukup karena tubuh melakukan regenerasi sel dan memproduksi antibodi secara maksimal saat tidur.

Oleh sebab itu, kamu harus memiliki waktu tidur yang cukup agar daya tahan tubuh tetap terjaga. Rincian kebutuhan waktu tidur dari anak usia sekolah hingga lansia adalah sebagai berikut:

- Anak prasekolah (usia 3-5 tahun): 10-13 jam per hari.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas