Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

Manfaat Konsumsi Seafood, Dukung Perkembangan Organ Tubuh dan Cegah Stunting

Seafood adalah makanan sehat karena dalam beberapa hidangan laut, terkandung berbagai nutrisi seperti protein, vitamin D, dan asam lemak Omega-3.

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Willem Jonata
zoom-in Manfaat Konsumsi Seafood, Dukung Perkembangan Organ Tubuh dan Cegah Stunting
SajianSedap.grid.id
Resep Capcay Seafood 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Eko Sutriyanto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pertumbuhan anak-anak sangat dipengaruhi oleh pola makan dan nutrisi dan makanan berbasis boga bahari (seafood) adalah salah satu jenis makanan yang sarat nutrisi.

Seafood merupakan salah satu jenis makanan yang sehat karena dalam beberapa hidangan laut, terkandung berbagai nutrisi seperti protein, vitamin D, dan asam lemak Omega-3.

dr Farry Ariyani, Corporate Occupational Health Physician mengatakan, beberapa manfaat Seafood adalah kaya nutrisi karena memiliki protein, iodin, lemak ikan, serta berbagai vitamin dan mineral, yang mendukung perkembangan organ tubuh dan dapat mendukung kesehatan otak.

Saat seseorang mengonsumsi seafood maka kadar asam eicosapentaenoic (EPA) dan docosahexanoic (DHA) akan meningkat.

Baca juga: 7 Makanan Murah Meriah untuk Cegah Stunting pada Anak: Mulai Tahu, Tempe, Ubi Jalar ,hingga Telur

Sebuah studi bahkan mengungkap bahwa rutin mengonsumsi seafood bisa membantu meningkatkan peran otak dalam mengatur emosi dan daya ingat seseorang.

Sebuah studi yang dipublikasikan dan Journal of Epidemiology dan Community Health menyebut bahwa perempuan yang mengonsumsi seafood memiliki risiko lebih rendah untuk terserang depresi dibandingkan dengan perempuan yang enggak mengonsumsinya.

BERITA TERKAIT

Kandungan asam lemak omega-3 pada seafood berfungsi meningkatkan produksi hormon dopamin dan serotonin dalam otak, hal ini akan memicu perasaan bahagia dan menghalau depresi.

Melihat berbagai manfaat seafood ini tak berlebihan pemerintah melalui KKP menargetkan tingkat konsumsi ikan sebesar 62,5 kg/kapita di tahun 2024," kata Farry dalam keterangannya, Rabu  (15/3/2023).

Dikatakannya, salah satu cara mencegah stunting pada anak di Indonesia adalah mengonsumsi seafood dan pemenuhan gizi seimbang bisa didapatkan dari protein hewani seperti ikan dan seafood.

Ini pula yang mendorong CP Prima Seafood, anak usaha PT Central Proteina Prima, Tbk menggelar kampanye Fiesta Seafood & Shifudo Goes to School kepada masyarakat khususnya anak-anak.

"Kampanye ini mengajak masyarakat Indonesia khususnya anak-anak semakin memahami kebutuhan gizi seimbang dan dapat menghindari malnutrisi yang mungkin terjadi. Karena bagaimanapun anak-anak adalah aset bangsa yang perlu diperhatikan asupan gizinya,” ujar Anjani Miranti selaku Head of Food Marketing CP Prima Seafood.

"Kami telah mengedukasi lebih dari 15.000 siswa di Jabodetabek sebagai bagian dari kampanye Ayo Makan Seafood dan  kegiatan ini selaras dengan program pemerintah yang ingin meningkatkan konsumsi ikan di Indonesia," katanya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas