Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

Sebanyak 98 Persen Ibu yang Beri ASI Mengalami Pembengkakan Payudara Saat Menyusui  

Pembengkakan yang terjadi merupakan gejala Mastitis atau infeksi payudara akibat peradangan pada jaringan payudara

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in Sebanyak 98 Persen Ibu yang Beri ASI Mengalami Pembengkakan Payudara Saat Menyusui  
IST
Ilustrasi ASI - saat menjalani masa menyusui ini, ternyata banyak perubahan yang dapat terjadi pada ibu, satu di antaranya adalah perubahan payudara dan produksi ASI. Kondisi yang paling sering ditemui adalah mulai dari sedikitnya ASI yang keluar, ASI keluar namun tidak lancar, bahkan ASI tidak keluar sama sekali hingga payudara mengalami pembengkakan. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menyusui buah hati merupakan momen yang sangat didambakan banyak ibu di dunia, termasuk di Indonesia.

Karena fase ini membuat para wanita merasa menjadi ibu seutuhnya lantaran dapat memberikan Air Susu Ibu (ASI) secara eksklusif kepada bayinya.

Namun saat menjalani masa menyusui ini, ternyata banyak perubahan yang dapat terjadi pada ibu, satu di antaranya adalah perubahan payudara dan produksi ASI.

Kondisi yang paling sering ditemui adalah mulai dari sedikitnya ASI yang keluar, ASI keluar namun tidak lancar, bahkan ASI tidak keluar sama sekali hingga payudara mengalami pembengkakan.

Tentunya diperlukan penjelasan yang benar dan penanganan yang lebih baik agar ibu dapat terus memberikan ASI kepada buah hati karena ASI memiliki kandungan nutrisi terlengkap untuk bayi hingga usia 6 bulan.

Konsuler Menyusui Fenucaps Indonesia, Hanna mengatakan bahwa pembengkakan yang terjadi merupakan gejala Mastitis atau infeksi payudara akibat peradangan pada jaringan payudara.

Baca juga: Tahapan Pemberian Makanan Pendamping ASI untuk Bayi Usia 6 Bulan, 6-9 Bulan, hingga 12-24 Bulan

BERITA TERKAIT

Kondisi itu umumnya terjadi pada ibu menyusui, terutama pada 6 hingga 12 minggu pertama setelah melahirkan.

"Sebanyak 98 persen ibu menyusui mengalami pembengkakan saat awal menyusui," kata Hanna kepada wartawan, Jumat (9/6/2023).

Ada beberapa faktor yang memicu terjadinya pembengkakan, mulai dari ibu mengalami kelelahan pasca persalinan, stres atau kekurangan zat besi.

Selain itu, pembengkakan juga dapat dipicu oleh produksi ASI yang jauh melebihi jumlah yang diminum oleh bayi, atau ibu tidak memerah air susu saat tidak menyusui bayi pada waktunya.

Faktor lainnya juga bisa disebabkan payudara yang tertekan karena posisi tidur yang salah, lalu salah memakai ukuran bra hingga kebiasaan memakai pakaian yang terlalu ketat.

Hanna menuturkan bahwa untuk mengatasi permasalahan tersebut, dapat dilakukan pemijatan pada payudara, memerah payudara menggunakan alat perah ASI atau pumping device, mengompres payudara menggunakan handuk hangat saat menyusui.

Jika payudara terasa sangat sakit dan bengkak, kata dia, maka ibu dapat memerah ASI dengan tangan agar ASI keluar dari payudara dan susui bayi sesering mungkin agar ASI mengalir lebih lancar.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas