Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

WHO: Panas Ekstrem Memperburuk Pemilik Penyakit Kardiovaskular, Diabetes dan Asma

Badan Kesehatan Dunia WHO menyatakan bahwa panas ekstrem di belahan bumi utara semakin membebani sistem perawatan kesehatan. 

Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Wahyu Aji
zoom-in WHO: Panas Ekstrem Memperburuk Pemilik Penyakit Kardiovaskular, Diabetes dan Asma
Shutterstock
ILUSTRASI Cuaca panas terik 

Laporan Wartawan Tribunnews, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM, JENEWA - Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa gelombang panas ekstrem di belahan bumi utara semakin membebani sistem perawatan kesehatan. 

Hal ini memukul mereka yang paling tidak mampu mengatasi kondisi yang paling sulit. 

Menukil AFP, WHO pada Rabu (20/7/2023) mengatakan, panas sering memperburuk kondisi yang sudah ada sebelumnya, terutama bagi mereka yang memiliki penyakit kardiovaskular, diabetes dan asma.

Jutaan orang di tiga benua mengalami panas berbahaya yang berkelanjutan pada hari Rabu saat rekor suhu turun.

"Panas ekstrem mengambil korban terbesar pada mereka yang paling tidak mampu mengelola akibatnya, seperti orang tua, bayi dan anak-anak, serta orang miskin dan tunawisma," kata kepala WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus.

"Itu juga meningkatkan tekanan pada sistem kesehatan," katanya dalam konferensi pers.

BERITA TERKAIT

"Paparan panas yang berlebihan berdampak luas bagi kesehatan, seringkali memperkuat kondisi yang sudah ada sebelumnya dan mengakibatkan kematian dini dan kecacatan."

WHO bekerja dengan Organisasi Meteorologi Dunia (WMO), sesama badan PBB yang berbasis di Jenewa, untuk mendukung negara-negara dalam mengembangkan rencana aksi cuaca panas untuk mengoordinasikan kesiapsiagaan dan mengurangi dampak panas yang berlebihan terhadap kesehatan, tambahnya.

Maria Neira, kepala kesehatan masyarakat dan lingkungan WHO, mengatakan badan tersebut sangat mengkhawatirkan wanita hamil dan penderita diabetes dan penyakit kardiovaskular, serta asma, karena polusi udara akan menjadi bagian dari masalah.

Neira mengatakan pemerintah lokal dan nasional perlu mengidentifikasi semua yang berpotensi berisiko, sementara rumah sakit harus memastikan mereka memiliki rencana aksi.

Ia juga mengatakan masyarakat perlu menyampaikan pesan untuk menghindari olahraga selama hari terpanas, menemukan tempat yang sejuk di dalam ruangan, mencari yang rentan, dan waspada terhadap serangan panas atau kelelahan akibat panas.

Para ahli menyalahkan gelombang panas pada perubahan iklim, didorong oleh pembakaran bahan bakar fosil yang melepaskan karbon dioksida gas rumah kaca ke atmosfer.

Selain langkah-langkah segera untuk mengatasi panas dalam beberapa hari mendatang, Neira mengatakan bahwa dalam jangka panjang, negara-negara perlu melakukan dekarbonisasi untuk mengurangi penyebab perubahan iklim, yang memperburuk dan meningkatkan frekuensi, intensitas, dan durasi gelombang panas tersebut. .

"Itu akan membantu kita mengurangi gelombang panas dengan cara yang sangat penting."

Baca juga: WHO: Pemanis Buatan Kemungkinan Picu Kanker

Pejabat kota perlu memikirkan perencanaan kota mereka untuk memastikan orang memiliki tempat berlindung di saat panas ekstrem, tambahnya.

Badan cuaca WMO PBB mengatakan suhu tinggi yang berulang pada malam hari merupakan risiko kesehatan tertentu karena tubuh tidak dapat pulih dari hari yang panas, yang menyebabkan lebih banyak serangan jantung dan kematian.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas