Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

Individu Dewasa dan Usia Produktif Dianjurkan Vaksinasi Influenza

Adapun gejala flu bervariasi menurut umur, antara lain demam/kedinginan, sakit tenggorokan, nyeri otot, rasa lelah, batuk, sakit kepala, pilek

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Individu Dewasa dan Usia Produktif Dianjurkan Vaksinasi Influenza
Freepik
Ilustrasi flu. Penyakit influenza yang mudah menyebar melalui bersin dan batuk ini dapat mengganggu kualitas hidup dan produktivitas bahkan dapat memberikan dampak kesehatan yang serius. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Penyakit influenza sering kali diremehkan dan dianggap sebagai penyakit biasa yang lumrah dialami setiap orang. 

Padahal, penyakit influenza yang mudah menyebar melalui bersin dan batuk ini dapat mengganggu kualitas hidup dan produktivitas bahkan dapat memberikan dampak kesehatan yang serius.

Baca juga: Dinkes DKI Bersama PT Kalventis Sinergi Farma Berikan Vaksin Influenza Kuadrivalen Kepada 600 Nakes

Adapun gejala flu bervariasi menurut umur, antara lain demam/kedinginan, sakit tenggorokan, nyeri otot, rasa lelah, batuk, sakit kepala, pilek atau hidung tersumbat.

Saat seseorang merasakan gejala-gejala ini, aktivitas dan produktivitasnya dapat terganggu yang pada akhirnya memengaruhi produktivitas perusahaan.

Baca juga: Penyakit yang Sering Timbul saat Musim Hujan, Influenza hingga Diare

Berdasar data World Health Organization (WHO) menunjukkan angka kematian akibat komplikasi karena influenza mencapai 650 ribu kasus di seluruh dunia.

Ada banyak virus flu dan virus itu bermutasi dengan cepat. 

BERITA TERKAIT

Oleh karena itu, salah satu opsi yang dapat dilakukan untuk melindungi diri dan orang-orang di sekitar dari flu adalah melakukan vaksinasi influenza

Vaksinasi tidak hanya diperlukan bagi bayi dan anak-anak, namun juga untuk orang dewasa.

Medical GSK, dr. Johan Wijoyo, memaparkan manfaat vaksinasi

"Vaksinasi dapat mencegah sekitar 2,5 juta kematian global setiap tahun dan mengendalikan resistensi antimikroba (AMR) yang menyebabkan kematian global sekitar 700.000 setiap tahun," tutur dia dalam rangkaian peringatan HKN Kementerian Kesehatan di Jakarta Convention Center, Kamis (10/11/2023) lalu.

Selain itu, vaksinasi pada lansia dapat mencegah kejadian penyakit infeksi dan mengurangi risiko komplikasi pasien dengan penyakit kronis seperti diabetes, penyakit pernapasan seperti asma dan pneumonia, serta gagal jantung. 

Misalnya, data menunjukkan bahwa vaksinasi influenza dapat membantu melindungi dari serangan jantung dan stroke dan membantu melindungi terhadap eksaserbasi kondisi kronis seperti Penyakit Paru Obstruksi Kronis yang dikenal sebagai PPOK.

Karena itu untuk merealisasikan komitmennya dalam memperluas akses vaksinasi sebagai tindakan pencegahan penyakit, GSK bermitra dengan layanan kesehatan berbasis teknologi Good Doctor. 

Baca juga: Penyakit yang Sering Timbul saat Musim Hujan, Influenza hingga Diare

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas