Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

Dental Implant  Solusi Modern Atasi untuk Mengatasi Kehilangan Gigi

Ketika gigi rusak parah atau hilang, berbagai masalah kesehatan bisa muncul, seperti sulitnya mengunyah makanan hingga penurunan rasa percaya diri.

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Erik S
zoom-in Dental Implant  Solusi Modern Atasi untuk Mengatasi Kehilangan Gigi
net
Dental implant - Ketika gigi rusak parah atau hilang, berbagai masalah kesehatan bisa muncul, seperti sulitnya mengunyah makanan hingga penurunan rasa percaya diri. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Eko Sutriyanto 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kesehatan gigi dan mulut adalah hal yang sangat penting untuk menunjang kualitas hidup. 

Ketika gigi rusak parah atau hilang, berbagai masalah kesehatan bisa muncul, seperti sulitnya mengunyah makanan hingga penurunan rasa percaya diri.

Salah satu solusi modern yang semakin diminati untuk mengatasi kehilangan gigi adalah dental implant.

drg RA Syanti W Astuty SpPerio, M.M, Dokter Gigi Spesialis Periodontis Dokter Gigi Spesialis Periodontis mengatakan, dental implant adalah metode mengganti gigi yang hilang dengan menanamkan implan titanium ke dalam tulang rahang. 

Baca juga: Trik Agar Anak Jaga Kesehatan Gigi, Biasakan si Kecil Curhat ke Dokter Gigi

"Implan ini akan berfungsi sebagai akar gigi baru yang kuat dan tahan lama dan dental implant tidak hanya memperbaiki penampilan dan fungsi pengunyahan tetapi juga membantu menjaga struktur rahang dan gigi yang ada agar tidak bergeser," kata Syanti kepada wartawan, Senin (30/9/2024).

Namun, kata Kepala Bethsaida Hospital Dental Center pada beberapa pasien, terutama yang telah kehilangan gigi dalam jangka waktu yang lama, tulang rahang mungkin telah mengalami kerusakan atau penyusutan. 

BERITA REKOMENDASI

Di sinilah Bone Augmentation atau prosedur yang dilakukan untuk menambahkan atau memperbaiki struktur tulang rahang perlu dilakukan.

Tujuannya untuk menambahkan atau memperbaiki struktur tulang rahang, sehingga bisa menopang implan gigi dengan kuat dengan menggunakan material Bone Graft. 

Proses ini penting untuk memastikan implan memiliki fondasi yang kuat dan stabil dalam jangka panjang," katanya.

Beberapa kondisi di mana dental implant dan bone graft menjadi solusi terbaik seperti kehilangan gigi akibat trauma atau kecelakaan prosedur yang dilakukan untuk menambahkan atau memperbaiki struktur tulang rahang.

Bisa juga gigi rusak parah yang tidak bisa diselamatkan dan harus dicabut atau kehilangan gigi yang menyebabkan tulang rahang menyusut, memerlukan bone graft untuk memperbaiki struktur tulang sebelum implan.

Baca juga: Punya Masalah Gigi? Ini Beda Tukang Gigi dan Dokter Gigi Sebelum Ambil Keputusan untuk Perawatan

Kemudian penyakit periodontal (gusi) parah, yang merusak jaringan pendukung gigi dan menyebabkan gigi lepas, pasien yang menggunakan gigi tiruan (dentures) tetapi menginginkan solusi permanen dan lebih nyaman seperti implan.

 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas