Tribun

Hadiri Tabligh Akbar Bersama UAS, Yandri Susanto Ajak Umat Tingkatkan Kecintaan Agama dan Tanah Air

Wakil Ketua MPR RI Yandri Susanto bersama Ustaz Abdul Somad (UAS), menghadiri Tabligh Akbar Tirtayasa Bershalawat di Serang.

Editor: Content Writer
zoom-in Hadiri Tabligh Akbar Bersama UAS, Yandri Susanto Ajak Umat Tingkatkan Kecintaan Agama dan Tanah Air
Istimewa
Wakil Ketua MPR RI H. Yandri Susanto, S.Pt bersama Ustaz Abdul Somad (UAS), menghadiri Tabligh Akbar Tirtayasa Bershalawat sekaligus Maulid Nabi Muhammad SAW dan Haul Tuan Syekh Abdul Qadir Al-Jailani, Senin (5/12/2022). 

TRIBUNNEWS.COM, BANTEN - Wakil Ketua MPR RI H. Yandri Susanto, S.Pt bersama Ustaz Abdul Somad (UAS), menghadiri Tabligh Akbar Tirtayasa Bershalawat sekaligus Maulid Nabi Muhammad SAW dan Haul Tuan Syekh Abdul Qadir Al-Jailani, Senin (5/12/2022).

Acara yang digelar di halaman Kompleks Makam Sultan Ageng Tirtayasa, Desa Tirtayasa, Kabupaten Serang, Banten ini juga dihadiri anggota DPRD Provinsi Banten Ubaidillah, para alim ulama, sesepuh, tokoh masyarakat, Kades, perangkat desa Tirtayasa dan seribu lebih masyarakat sekitar, serta diramaikan oleh banyak pedagang kecil dan UMKM di sekitar lokasi

Dalam sambutannya, di sesi awal Tabligh Akbar, Pimpinan MPR dari Partai Amanat Nasional (PAN) ini menyampaikan bahwa umat Islam di era globalisasi ini harus meningkatkan iman dan takwa kepada Allah SWT, sekaligus kecintaan pada tanah air.

"Kedatangan bapak dan ibu sekalian di acara penuh berkah ini karena iman dan kecintaan kepada Islam yang begitu tinggi. Apalagi, tabligh ini akan diisi ceramah agama oleh guru dan ulama kita Ustaz Abdul Somad. Saya melihat para jamaah sangat luarbiasa, acara dimulai pukul 8 pagi tapi sejak pukul 6 banyak yang sudah datang terutama kaum ibu," ujarnya.

Di hadapan jamaah, Yandri menegaskan, sebagai Pimpinan MPR dirinya sangat mendukung pelaksanaan Tabligh Akbar, apalagi dilaksanakan di kompleks makam seorang pahlawan nasional.

"Di tabligh ini kita mendapatkan tiga hal sekaligus, yakni bertambahnya wawasan agama, meningkatkan penghormatan kepada pahlawan nasional dan kebersamaan sebagai satu bangsa," tambahnya.

Di sela-sela penyampaian sambutan, anggota Komisi VIII DPR F-PAN Dapil Banten II ini mencoba menggali sampai dimana pengetahuan jamaah seputar kebangsaan, dengan menggelar kuis dadakan.

Secara spontan, Yandri meminta perwakilan kaum ibu untuk naik ke atas panggung untuk menjawab pertanyaan kuis. Permintaan Yandri, direspon dua ibu, yang dengan semangat maju dan naik ke atas panggung.

"Indonesia adalah negara yang besar dengan penduduk yang sangat beragam dan memiliki Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara. Ibu-ibu sekalian, sebutkan secara lengkap lima sila dari Pancasila itu," tanya Yandri.

Pertanyaan tersebut dijawab dengan tegas, lugas dan tepat oleh dua ibu tersebut. "Ternyata ibu-ibu Kabupaten Serang pintar-pintar dan sangat nasionalis," puji Yandri, seraya acungkan jempol kanan.

"Walaupun saya orang jadul gak modern, tapi kalau soal Pancasila saya hafal banget pak," jawab ibu Siti Anah disambut tawa seluruh jamaah. Kepada dua ibu itu, Yandri memberikan hadiah sebagai tanda penghargaan dan penghormatan.

Dalam momen itu, Yandri Susanto bersama kyai sepuh dan para alim ulama Banten, berkesempatan melakukan ziarah ke makam pahlawan nasional Sultan Ageng Tirtayasa dan Panglima perang Sultan Pangeran Arya Arbu Jana yang ada dalam satu kompleks.

Pada sesi utama yakni ceramah agama, Ustaz Abdul Somad membawakan materi tentang sejarah kepahlawanan Sultan Ageng Tirtayasa yang harus menjadi teladan umat dan seputar keberuntungan kepada pemimpin yang adil di hari pembalasan kelak serta keutamaan dan faedah surah Al Fatihah untuk menjadi amalan umat sehari-hari.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas