Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Penuhi Kebutuhan, Pj. Gubernur Heru Targetkan 100 Persen Cakupan Layanan Air Perpipaan pada 2030

Guna menuhi kebutuhan dasar warga, Pj. Gubernur DKI Jakarta Heru menargetkan 100 persen cakupan layanan air perpipaan pada 2030.

Editor: Content Writer
zoom-in Penuhi Kebutuhan, Pj. Gubernur Heru Targetkan 100 Persen Cakupan Layanan Air Perpipaan pada 2030
Dok. Diskominfotik DKI Jakarta
Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono memutar keran air bersih di rumah warga Kelurahan Kamal Muara, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, 18 Maret 2024. 

TRIBUNNEWS.COM – Di bawah kepemimpinan Penjabat (Pj.) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta terus berupaya memenuhi kebutuhan dasar warga. 

Salah satu yang harus dipenuhi adalah penyediaan air bersih. Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PAM Jaya pun diberikan tugas untuk mewujudkan 100 persen cakupan layanan air perpipaan pada 2030.

Untuk mencapai target tersebut, sejumlah terobosan siap dihadirkan PAM Jaya. Direktur Pelayanan PAM Jaya Syahrul Hasan pun optimis bahwa target tersebut bakal tercapai.

“Serangkaian planning sudah kami siapkan dan breakdown berkaitan dengan proyek-proyek sedang berjalan saat ini. Saya kira, PAM JAYA dalam keadaan yang sangat menggeliat, sangat bersemangat,” ungkap Syahrul.

Untuk diketahui, kurang lebih sebanyak 3.700 petugas bakal dikerahkan untuk memberikan pelayanan terbaik bagi warga Jakarta, dalam penyediaan air perpipaan. Adapun langkah awal yang coba dicapai PAM Jaya ialah dengan menargetkan 77.000 pelanggan baru pada 2024 ini.

“Kemudian tahun depan eskalatif di angka 150.000 pelanggan dan seterusnya sampai dengan 2030,” ujar Syahrul.

Pada tahun ini, PAM Jaya menyasar 17 kelurahan yang tersebar di wilayah Jakarta Utara dan Jakarta Timur. Kedua wilayah tersebut menjadi prioritas, lantaran hingga kini masih kekurangan air bersih sekitar 11.000 liter per detik. 

BERITA TERKAIT

“Karena kebutuhan sesungguhnya warga Jakarta di angka 31.000 liter per detik. Sementara, saat ini, existing di angka 20.000 sampai 21.000 liter per detik,” tutur Syahrul.

Untuk menambah pasokan air di kedua wilayah tersebut, PAM Jaya tengah membangun instalasi pengolahan air atau Water Treatment Plant (WTP) di Kota Bekasi, Jawa Barat. 

Baca juga: Berhasil Raih Predikat WTP 7 Kali Beruntun, DPRD DKI Jakarta Apresiasi Kinerja Pj Gubernur Heru Budi

Pemilihan Kota Bekasi sebagai tempat instalasi pengolahan air, lantaran air baku diambil dari Sistem Pengolahan Air Minum (SPAM) Jatiluhur. Pembangunan WTP tersebut ditargetkan rampung pada Oktober 2024.

“Nanti, ketika air masuk sebanyak 4.000 liter per detik, maka produksinya sudah disiapkan, distribusinya kemudian akan dioptimalkan,” katanyal.

Ia mengungkapkan, edukasi kepada warga pun masih terus dilakukan guna mengurangi penggunaan air tanah yang dapat menurunkan muka tanah.

“Air PAM Jaya, kalau kita bicara harga, itu Rp1 per liter. Nah, itu sangat jelas perbedaannya jika kita menggunakan mesin air untuk menyedot air tanah. Dan ini menjadi pekerjaan rumah kita, bagaimana menyakinkan warga Jakarta untuk shifting dari air tanah ke air PAM Jaya,” jelasnya.

Untuk menarik masyarakat, PAM Jaya menyediakan promo gratis biaya sambungan baru bagi 10.000 pelanggan baru. Bagi warga Jakarta yang berminat menjadi pelanggan baru bisa langsung mendaftar dengan menghubungi call center 1500-223, atau mendatangi langsung kantor PAM Jaya yang tersebar di 13 lokasi.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas