Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Lifestyle

Fakta Unik New York Fashion Week

Selama sepekan, rentetan desainer ternama yang berbasis di Amerika, seperti Michael Kors, Donna Karan

Penulis: Daniel Ngantung
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Fakta Unik New York Fashion Week
AFP PHOTO/Emmanuel Dunand
Para model menampilkan busana koleksi musim semi dan panas 2013 rancangan Michael Kors di New York Fashion Week, September 2012. 

TRIBUNNEWS.COM - New York Fashion Week (NYFW), atau resminya dikenal Mercedes Benz Fashion Week, akan mulai dihelat hari ini, Kamis (5/9/2013). NYFW menjadi kick-off pekan mode dunia, sebelum London, Milan dan Paris.

Selama sepekan, rentetan desainer ternama yang berbasis di Amerika, seperti Michael Kors, Donna Karan, Tommy Hilfiger, dan Marc Jacobs, akan mempresentasikan koleksi musim semi dan panas 2014 mereka.

Di balik glamornya salah satu perhelatan penting di kalender mode ini, NYFW menyimpan beberapa fakta unik.

Apa sajakah itu? Berikut ulasannya seperti dikutip Tribunnews.com dari Huffington Post:

1. Menurut New York City Economic Development Corporation, NYFW menggairahkan pengunjung untuk berbelanja produk fashion. Tahun lalu, NYFW menyumbang pemasukan 532 juta dolar AS untuk New York City.

2. Karena ruang yang terbatas, tiket masuk peragaan busana tidak dijual untuk umum, dan hanya diberikan kepada mereka yang berkepentingan saja, misal tamu VIP, selebritas, para editor, dan para pelaku industri fashion.

3. Tak bisa dimungkiri, dengan hampir 250 fashion show yang digelar dalam sepekan, konflik jadwal antardesainer tak bisa terhindarkan. Adalah Ruth Finley, penyusun jadwal sekaligus mediator antardesainer yang meyakinkan mereka untuk merubah jadwal sehingga masing-masing desainer mendapatkan high-demand model yang diinginkan, berikut para editor terkenal. Ruth telah bekerja sebagai penyusun kalender NYFW sejak 1945 hingga saat ini.

BERITA TERKAIT

4. Carmen Dell'Orefice adalah model tertua yang tampil di dua fashion show NYFW tahun lalu. Usianya 82 tahun.

5. Cara jalan model di runway ternyata berbeda di setiap pekan mode. Di NYFW, para model cenderung jalan lebih cepat, staccato (agak melompat). sementara di Paris, model berjalan lebih lambat dan lembut.

6. Di NYFW, runway dirancang berbentuk 'U'. Dengan runway ini, kursi tambahan bisa diletakkan di tengah runway sehingga lebih banyak tamu VIP yang dapat duduk di barisan depan.

7. Nina Garcia, Creative Director majalah Marie Claire Amerika yang juga juri acara "Project Runway" akan menjadi orang pertama yang meliput fashion dengan Google Glass. Gambar dan video yang terekam dalam Google Glass-nya akan disiarkan secara live di media sosial Marie Claire.

8. Menggelar fashion show di NYFW tidaklah gratis. Kabarnya, para desainer harus membeli 'slot' seharga 15.000 dolar AS sampai 50.000 dolar AS. Ini belum termasuk harga jasa pengarah gaya, penata rias wajah dan rambut.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas