Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Lifestyle

Kuliner Khas Yogyakarta: Ayam Goreng Kalasan, Mie Goreng Jawa, dan Nasi Goreng yang Praktis Dibuat

Kuliner Khas Yogyakarta: Ayam Goreng Kalasan, Mie Goreng Jawa, dan Nasi Goreng yang Praktis Dibuat

Penulis: Fransisca Andeska
Editor: Vincentius Haru Pamungkas
zoom-in Kuliner Khas Yogyakarta: Ayam Goreng Kalasan, Mie Goreng Jawa, dan Nasi Goreng yang Praktis Dibuat
Freepik.com
Ilustrasi ayam goreng Kalasan 

TRIBUNNEWS.COM - Selain dikenal dengan tempat wisata bersejarah yang khas, Yogyakarta juga dikenal dengan berbagai kuliner yang menggugah selera. Ada banyak kuliner nikmat dan lezat yang bisa dicicipi, mulai dari ayam goreng Kalasan, mie goreng Jawa, hingga nasi goreng spesial. 

Salah satu kuliner khas Yogyakarta yang paling banyak dicari adalah ayam goreng Kalasan. Lezatnya daging ayam yang dipadu dengan bumbu rempah-rempah khas Indonesia di resep ayam goreng Kalasan membuat hidangan khas dari daerah Kalasan, Sleman, Yogyakarta ini menjadi favorit bagi semua kalangan.

Cita rasanya yang gurih membuat ayam goreng Kalasan menjadi salah satu hidangan makan siang yang pas dipadukan dengan nasi hangat. Selain itu, hidangan yang sudah jadi primadona sejak jaman dahulu ini juga memiliki ciri khas yang berbeda, yakni adanya taburan kremesan ayam di atasnya. 




Penasaran bagaimana cara membuat ayam goreng Kalasan khas Yogyakarta sendiri di rumah? Yuk, simak cara membuat resep ayam goreng Kalasan berikut ini!

Bahan-bahan: 

  • 1 ekor ayam pejantan kecil (kurang lebih 800 gram per ekor)
  • 1 bungkus Sasa Bumbu Ungkep Ayam Kalasan
  • 500 ml air
  • Minyak goreng secukupnya
  • Tepung terigu secukupnya untuk bahan kremesan 

Cara membuat: 

Pertama, masak 500 ml air hingga mendidih. Lalu, masukkan 1 bungkus Sasa Bumbu Ungkep Ayam Kalasan, aduk rata. 

BERITA TERKAIT

Kemudian, masukkan 1 ekor ayam pejantan kecil ke dalam air yang sudah mendidih tadi. Lalu, rebus atau ungkep ayam selama kurang lebih 15 menit. 

Setelahnya, goreng ayam yang telah diungkep di dalam minyak goreng panas selama kurang lebih 3 menit hingga berubah warna menjadi kuning kecoklatan. Jika sudah, ayam goreng kalasan siap disantap dengan nasi hangat dan Sasa Sambal Terasi agar lebih nikmat! 

Resep ayam goreng kalasan ini mudah sekali untuk kamu coba di rumah, bukan? Apalagi dengan menggunakan Sasa Bumbu Ungkep Ayam Kalasan dengan resep asli tradisional Indonesia dan lengkap dengan gula jawa, olahan daging ayam buatanmu makin terasa asem, manis, dan gurih, khas ayam goreng Kalasan.

Baca juga: Resep Sayur Bening dan Capcay, Lezat nan Sehat!

Resep Mie Goreng Jawa 

Ilustrasi mie goreng Jawa

Selain ayam goreng Kalasan, mie goreng Jawa juga menjadi hidangan favorit, lho! Nah, salah satu ciri khas dari resep mie goreng Jawa adalah penggunaan kecap manis yang makin membuat mie memiliki warna dan rasa yang menggugah selera. 

Selain itu, bumbu khas seperti bawang putih, bawang merah, cabai, dan daun bawang juga turut menciptakan rasa yang memanjakan lidah. 

Tidak hanya rasanya yang lezat, mie goreng Jawa juga mudah untuk dibuat di rumah dengan menggunakan bahan-bahan yang tersedia di dapur. Kamu juga bisa menambahkan seperti udang, ayam, atau sayuran favorit di dalam hidangan ini. 

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas